Logo SMK Multiguna Darmaraja

SMK Multiguna Darmaraja

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Sumedang dengan Wado
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum seperti Angkutan Umum Perkotaan Sumedang - Wado, Angkutan Pedesaan Situraja - Darmaraja - Wado, serta Angkutan Umum Antar Kota Medal Sekarwangi

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Multiguna Surya Persada

Berdiri

6 Juli 2007

Alamat Lengkap

Jln. Raya Sumedang - Wado Km. 19 Dusun Karanganyar Desa Karangpakuan Kecamatan Darmaraja

Nomor Telepon

0853-2155-1365

Nomor Handphone

0811-2164-994

Email

smkmultiguna@yahoo.co.id

Web Site

SMKS Multiguna

Page Facebook

Smks Multi Guna Darmaraja


Lokasi

SMK Multiguna merupakan sebuah sekolah kejuruan swasta yang berlokasi di wilayah Kecamatan Darmaraja, tepatnya di Dusun Karanganyar Desa Karangpakuan. Sekolah ini dibangun dan dikelola oleh Yayasan Multiguna Surya Persada pada tahun 2009. Pendirian SMK Multiguna Darmaraja ini berdasarkan pada Surat Keputusan Yayasan pada tahun 2007 dengan nomor 421.II/001/YMGSP/207 tertanggal 6 Juli 2007.

Kemudian pada tahun 2010, SMK Multiguna Darmaraja mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Ijin operasional ini tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dengan nomor 642.2/1076.Kep./Disdik/2009 tentang Pemberian Ijin Operasional kepada Yayasan Multi Guna Surya Persada Kabupaten Sumedang untuk Mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Multi Guna di Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Surat ijin operasional ini diterbitkan pada tanggal 4 Mei 2009.

SMK Multiguna Darmaraja telah mengantongi akreditasi dengan peringkat B (Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah pada tahun 2019. Status akreditasi ini sesuai dengan Surat Keputusan Akreditasi dengan nomor 053/BAN-SM/SK/2019 tertanggal 21 Januari 2019.

Sebagai salah satu sekolah kejuruan, SMK Multiguna menyelenggarakan kegiatan kependidikan dengan menyajikan sejumlah jurusan yang bisa dipilih oleh siswanya. Kompetensi keahlian di SMK Multiguna ini terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang begitu signifikan perubahannya. Dan terkini, kompetensi keahlian di SMK Multiguna yang ditawarkan kepada siswa-siswanya berjumlah empat jurusan yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Otomotif, Pariwisata Perhotelan, Rekayasa Perangkat Lunak serta Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Bagi siswa atau calon siswa yang ingin memiliki keahlian di bidang teknik otomotif dengan penekanan pada bidang jasa perbaikan kendaraan ringan, bisa mengambil jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Karena jurusan ini menyiapkan peserta didik untuk bekerja di bidang jasa perawatan dan perbaikan dunia usaha/industri mobil. Bagi siapa yang ingin menguasai informasi dan memiliki kemampuan untuk mengelola dan menyelenggarakan akomodasi dan pariwisata perhotelan, bisa masuk ke jurusan Pariwisata Perhotelan. Dan bagi siswa/calon siswa yang ini mempelajari pemrograman komputer, bisa masuk ke jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Sementara bagi siswa/calon siswa yang ingin memiliki keterampilan dalam pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua, bisa masuk ke jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Selain menyelenggarakan kegiatan atau proses pembelajaran di dalam kelas (intrakurikuler), di SMK Multiguna juga terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa-siswinya. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK Multiguna diantaranya adalah Pramuka, Paskibra, PMR, Kesenian, Pencak Silat, Sepak Bola, Bola Voli, Rohani Islam (Rohis), dan Drumband.

Dalam menyelenggarakan kegiatan kependidikannya, SMK Multiguna didukung oleh berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas sekolah yang ada di SMK Multiguna diantaranya adalah Ruang Kelas, Workshop atau Bengkel Mobil dan Motor, Miniatur Hotel, Laboratorium Komputer, Sarana Olahraga, Perpustakaan, Sarana Ibadah, Kantin Sekolah, Area Parkir dan Aula Sekolah. Untuk akses internet, di SMK Multiguna juga dilengkapi dengan fasilitas WIFI Hotspot.

Untuk menunjang proses belajar belajar termasuk magang, SMK Multiguna juga menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan. Perusahaan yang telah bermitra dengan SMK Multiguna diantaranya Yamaha, Suzuki, Hotel Asri, IM Creative Studio, Toyota Indonesia, Amory Hotel, PT Kaldu Sari Nabati, PT Chemco Harapan Nusantara dan Aston Hotels & Resorts.

Bagi siswa-siswi SMP atau MTs yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang sekolah kejuruan, bisa masuk ke SMK Multiguna ini. Setiap awal tahun pelajaran, SMK Multiguna menerima pendaftaran calon peserta didik baru. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kampus SMK Multiguna Darmaraja atau melalui kontak yang tersedia.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 September 2020

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang