Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sumedang

Berdiri

1999

Alamat Lengkap

Jl. Mayor Abdurahman No. 219

Web Site

SMK Muhammadiyah 2 Sumedang

Page Facebook

Smk Muhammadiyah 2 Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya protokol kota Sumedang. Sekitar 100 meter dari bunderan Alamsari
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan 01 Sumedang - Paseh, Angkot No 03 dan Angdes Sumedang - Citimun

SMK Muhammadiyah 2 Sumedang merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan swasta yang berada di wilayah kota Sumedang. Sekolah ini mulai berdiri pada tahun 1999 dengan nama awal SMK/STM Muhammadiyah Sumedang. Sekolah ini berada di bawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sumedang.

SMK Muhammadiyah 2 Sumedang semula bernama STM Muhammadiyah yang didirikan pada tahun 1999 oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat. Pendirian sekolah ini kemudian disetujui dan diberikan ijin operasional oleh Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Nasional Propinsi Jawa Barat. Ijin operasionalnya berupa SK dengan nomor 1912/ IO2.1/kep/OT/1999 tertanggal 11 Juli 2000. SK ini berisi tentang Pemberian izin kepada Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat di Bandung untuk mendirikan SMK/STM Muhammadiyah di Jl. Abdurachman No. 219A Kab. Sumedang tahun pelajaran 1999/2000.

Sesuai dengan pendiriannya, STM Muhammadiyah memiliki program kejuruan Teknik Mesin dan program keahlian Teknik Mekanik Otomotif. Sehingga ada perbedaan jurusan dengan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Sumedang yang sebelumnya bernama SMEA Muhammadiyah. Pada perkembangan selanjutnya, SMK/STM Muhammadiyah menyesuaikan namanya menjadi SMK Muhammadiyah 2 Sumedang.

Pada tahun 2003 SMK Muhammadiyah 2 Sumedang mendapatkan akreditasi dengan peringkat B dari Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. Status akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan nomor 0204/BAS/JB/PK/2003. Dan status akreditasi diperbarui pada tahun 2018 dengan peringkat tidak berubah (peringkat B) dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM). Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 02.00/203/SK/BAN-SM/XII/2018 tertanggal 4 Desember 2018.

SMK Muhammadiyah 2 Sumedang saat ini memiliki alamat yang tidak berubah. Sementara bidang keahlian atau program keahlian ada penambahan satu bidang keahlian. Sehingga jurusannya berubah menjadi tiga kompetensi keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor dan Teknik Komputer dan Informatika.

SMK Muhammadiyah 2 Sumedang didukung dengan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas utama yang mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah ini diantaranya Ruang Kelas (Ruang Teori), Laboratorium Komputer dan Ruang Perpustakaan. Kemudian fasilitas pendukungnya adalah Ruang Kantor (Kepala Sekolah, Guru dan Tata Usaha), Ruang Serba Guna, Ruang Ibadah, Bengkel, Koperasi dan sarana olahraga. Khusus untuk sarana olahraga, SMK Muhammadiyah 2 Sumedang memiliki gedung olahraga sendiri yang luas sehingga bisa digunakan untuk kegiatan olahraga bola voli, futsal dan bulutangkis.

Bagi lulusan SMP atau MTs yang ingin melanjutkan ke jenjang SMK, bisa memilih SMK Muhammadiyah 2 Sumedang. SMK Muhammadiyah 2 Sumedang menerima pendaftaran siswa baru di tiap tahun ajaran baru. Pendaftaran biasanya dilakukan langsung ke kampus SMK Muhammadiyah 2 Sumedang yang berada di wilayah Kelurahan Kotakaler Sumedang Utara.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 April 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang