Logo SMK Muhammadiyah 1 Sumedang

SMK Muhammadiyah 1 Sumedang

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Sumedang

Berdiri

28 April 1979

Alamat Lengkap

Jalan Dano No. 88 Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara

Nomor Telepon

0261-2012462

Nomor Handphone

0812-2235-5771

Email

smk_muh1smd@yahoo.com

Web Site

SMK Muhammadiyah 1 Sumedang

Akun Facebook

SMK Muhammadiyah 1 Sumedang


Lokasi

SMK Muhammadiyah 1 Sumedang merupakan salah satu sekolah kejuruan swasta yang berada di wilayah Kota Sumedang. Sekolah ini berada di bawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Sumedang. Sekolah ini sudah berdiri semenjak tahun 1979 dengan bentuk awal berupa SMEA Muhammadiyah.

SMK Muhammadiyah 1 Sumedang berdiri dengan nama awal SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) Muhammadiyah Sumedang. Sekolah ini didirikan oleh Majelis Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sumedang pada tahun 1979 dengan surat keputusan pendirian nomor 2321/II-001/JB-78/79 tertanggal 28 April 1979. Kemudian pada tahun 1981 mendapatkan ijin operasional sekaligus terdaftar di Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat berdasarkan pada Surat Keputusan Kanwil P dan K Jawa Barat dengan nomor 525/I02.5/M.81 tertanggal 23 Maret 1981. SK ini berisi tentang penetapan SMEA Muhammadiyah dengan jurusan Tata Niaga yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah Majelis Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Sumedang telah terdaftar di Kanwil P dan K Jawa Barat. Alamat awal sekolah ini di Jalan Mayor Abdurachman No. 191 Sumedang.

Sekitar tahun 1997, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 036/O/1997 tertanggal 7 Maret 1997 tentang Perubahan Nomenklatur SMKTA menjadi SMK serta organisasi dan tata kerja SMK, SMEA Muhammadiyah Sumedang berubah menjadi SMK Muhammadiyah 1 Sumedang.

Pada tahun 2013, SMK Muhammadiyah 1 Sumedang mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) dengan predikat A. Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 02.00/324/BAP-SM/XI/2013 tertanggal 14 November 2013.

Saat ini SMK Muhammadiyah 1 Sumedang memiliki alamat di Jalan Dano No. 88 Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara. Sementara untuk jurusannya juga mengalami perubahan menjadi empat jurusan. Jurusan yang tersedia di SMK Muhammadiyah 1 Sumedang yang bisa diambil oleh siswanya adalah Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, Pemasaran, dan jurusan Administrasi Perkantoran.

SMK Muhammadiyah 1 Sumedang didukung dengan fasilitas belajar yang memadai. SMK Muhammadiyah 1 Sumedang sudah memiliki gedung permanen dengan ruang belajar yang nyaman di lokasi yang mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kemudian ditambah dengan ruangan perpustakaan, laboratorium belajar seperti lab. bahasa, komputer, sekretaris dan akuntansi. Dan bagi siswa yang ingin mendalami ilmu agama atau bertempat tinggal jauh dan ingin mondok, tersedia Pondok Pesanten yang berlokasi di dalam kawasan sekolah. Tak ketinggalan juga fasilitas pendukung lainnya seperti ruang kantor, ruang UKS, lapangan olahraga, aula, kafetaria, grosir serba ada, unit produksi untuk masing-masing jurusan, ruang IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), ruang ibadah (Masjid Mujahidin) serta fasilitas sanitasi. Selain itu, proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Sumedang juga didukung oleh tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Selain pondok pesantren, ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh siswa SMK Muhammadiyah 1 Sumedang. Salah satunya adalah program beasiswa bagi siswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik dan bantuan bagi siswa dan keluarga yang kurang mampu. Bagi siswa yang ingin menghapal Al-Quran, di SMK Muhammadiyah 1 Sumedang tersedia program Tahfidz Quran disertai beasiswa bagi siswa yang mengikutinya. Ditambah dengan adanya asuransi/santunan kecelakaan bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Sumedang selama 3 tahun (selama sekolah) bagi siswa yang ingin mengambilnya. Bagi siswa yang telah lulus sekolah di SMK ini, akan disalurkan pekerjaannya melalui Bursa Kerja Khusus (BKK).

Selain menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di dalam jam pelajaran, SMK Muhammadiyah 1 Sumedang juga memberikan kebebasan kepada siswa-siswinya untuk bisa mengikuti kegiatan pengembangan minat dan bakatnya di luar jam pelajaran berupa kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan keorganisasian. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Sumedang yaitu olahraga bela diri Silat Tapak Suci, kepanduan Hizbul Wathan, Paskibra, Palang Merah Remaja (PMR), Pencinta Alam, Kesenian Teater Lentera, Seni Tari, Paduan Suara, Seni Musik, Drum Band/Marching Band, Futsal, Bola Voli, English Club, Klub Akuntansi, Keputrian.

Bagi lulusan SMP atau MTs yang ingin melanjutkan ke jenjang SMK, bisa memilih SMK Muhammadiyah 1 Sumedang. SMK Muhammadiyah 1 Sumedang menerima pendaftaran siswa baru di tiap tahun ajaran baru. Pendaftaran biasanya dilakukan langsung ke kampus SMK Muhammadiyah 1 Sumedang yang berada di wilayah Kelurahan Kotakaler Sumedang Utara. Pendaftaran siswa baru tidak dibebani dengan biaya pendaftaran dan biaya bangunan.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 07 April 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang