Logo SMK Ma'arif 2 Sumedang

SMK Ma'arif 2 Sumedang

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum baik Angkutan Perkotaan maupun Angkutan Pedesaan berupa Angkot Sumedang - Sukamantri, Sumedang - Bojong. Turun di dekat Kantor Diskominfo. Dilanjut jalan kaki ke arah selatan melewati Gang Karyawan sekitar 30 meter

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kabupaten Sumedang

Berdiri

1 Februari 1984

Alamat Lengkap

Jalan Angkrek Gang Karyawan I No. 90 Kelurahan Situ Sumedang Utara

Nomor Telepon

0261- 202044

Nomor Handphone

0852-2179-2971

Email

smk.mrf2sumedang@yahoo.com

Web Site

SMK Ma'arif 2 Sumedang

Page Facebook

SMK MAARIF 2 SUMEDANG


Lokasi

SMK Ma'arif 2 Sumedang merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan swasta yang berada di kota Sumedang. Sebagaimana SMK Ma'arif 1 Sumedang, sekolah ini berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kabupaten Sumedang. Hanya saja lokasi sekolah berada di Jalan Angkrek Gang Karyawan I No. 90.

Pada awalnya, SMK Ma'arif 2 Sumedang bernama SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) Ma'arif Sumedang. Sekolah ini berdiri pada tahun 1 Februari 1984 berdasarkan pada Surat Keputusan Lembaga Pendidikan Ma’arif Cabang Sumedang Nomor 694/Mrf/P-1/K.1984. Kemudian pada tanggal 12 Februari 1985 mendapatkan iji operasional berdasarkan pada Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat Nomor 026/I02.Kep/E.85. Surat Keputusan ini berisi tentang Pemberian Ijin kepada Lembaga Pendidikan Ma'arif Jalan Pasundan Geusan Nomor 25 Sumedang untuk mendirikan SMEA Ma'arif Jalan Pangeran Geusan Ulun 25 Sumedang mulai tahun ajaran 1984/1985.

Sesuai dengan namanya, sekolah ini termasuk kelompok Bisnis dan Manajemen. Sekolah ini berdiri dikarenakan banyaknya tamatan sekolah SMTP (Sekolah Menengah Tingkat Pertama) yang tidak tertampung di SMTA Negeri dan SMEA Negeri dan meningkatnya animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang SMEA.

Perkembangan berikutnya, SMEA Ma'arif ini mengalami perubahan alamat sekolah. Dimana sebelumnya beralamat ti Jalan Prabu Geusan Ulun No. 25 menjadi ke Gang Karyawan I Jalan Angkrek No. 09 Lingkungan Kelurahan Situ. Dan pada tahun 1997 SMEA Ma'arif mengalami perubahan nama. Hal ini menyesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 036/O/1997 tertanggal 7 Maret 1997 tentang Perubahan Nomenklatur SMKTA menjadi SMK serta organisasi dan tata kerja SMK. SMEA Ma'arif Sumedang berubah menjadi SMK Ma'arif 2 Sumedang pada bulan Juni 1997.

Pada tahun 2005, SMK Ma'arif 2 Sumedang mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. Peringkat yang diraihnya adalah Akreditasi A (Amat Baik) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 420/599-dikmenti tertanggal 16 Pebruari 2005.

Di SMK Ma'arif 2 Sumedang terdapat empat program keahlian yang termasuk ke dalam dua bidang keahlian yaitu bidang Bisnis dan Manajemen serta bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk bidang Bisnis dan Manajemen ada tiga program keahlian yaitu Administrasi Perkantoran, Pemasaran dan Akuntansi. Sementara untuk bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi ada program Teknik Komputer dan Jaringan.

SMK Ma'arif 2 Sumedang sudah memiliki fasilitas yang memadai untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajarnya. Fasilitas utamanya berupa Ruang Kelas atau Ruang Teori, Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa serta Ruang Perpustakaan. Kemudian fasilitas penunjang lainnya berupa Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang BK, Ruang OSIS, Ruang UKS, Ruang Serba Guna (Aula), Bisnis Center AP & PM (Unit Produksi), Bengkel Komputer, Bank Mini AK, Ruang Ibadah (Masjid) serta fasilitas sanitasi.

Selain menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di jam pelajaran, SMK Ma'arif 2 Sumedang juga memberikan kebebasan kepada siswa-siswinya untuk bisa mengikuti kegiatan pengembangan minat dan bakatnya di luar jam pelajaran berupa kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa-siswi SMK Ma'arif 2 Sumedang diantaranya adalah Drum Band, OSIS, Pramuka, PMR, Paskibra, Remaja Masjid, Group Band dan Olahraga (Bola Voli, Bulutangkis dan Pencak Silat).

Bagi lulusan SMP atau MTs yang ingin melanjutkan ke jenjang SMK, bisa memilih SMK Ma'arif 2 Sumedang. SMK Ma'arif 2 Sumedang menerima pendaftaran siswa baru di tiap tahun ajaran baru. Pendaftaran biasanya dilakukan langsung ke kampus SMK Ma'arif 2 Sumedang yang berada di wilayah Kelurahan Situ Sumedang Utara.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 07 April 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang