Logo SMK Ma'arif 1 Sumedang

SMK Ma'arif 1 Sumedang

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum secara tidak langsung: Angkot 04 dan Angkot 06. Turun di pertigaan Lingkungan RW 11 Singaparna. Dilanjut jalan kaki ke arah selatan sekitar 100 meter

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Sumedang

Berdiri

1976

Alamat Lengkap

Jl. Pangeran Kornel No. 11 Regol Wetan Sumedang Selatan

Nomor Telepon

0261-2188108

Nomor Handphone

0817-0279-162

Email

smk_maarif1_smd@yahoo.co.id

Page Facebook

"Smk ma'arif 1 sumedang"


Lokasi

SMK Ma'arif 1 Sumedang merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan swasta yang berlokasi di kota Sumedang. Sekolah ini berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Sumedang. Sekolah ini didirikan pada tahun 1976 yang diinisiasi oleh guru-guru STM Negeri Sumedang.

Pada awalnya, di era 1970-an animo masyarakat untuk melanjutkan sekolah ke jenjang STM (Sekolah Teknik Menengah) sangat besar. Besarnya calon siswa STM ini berbanding terbalik dengan daya tampung kelas STM negeri khususnya STM Negeri Sumedang. Untuk mengatasinya, guru-guru STM Negeri Sumedang mendirikan Sekolah Teknik Menengah (STM) swasta dengan salah satu pendirinya adalah Bapak Amar Somantri. Sekolah yang didirikan ini diberi nama STM LP Ma'arif dan menjadi sekolah STM swasta pertama di wilayah Sumedang.

Pada waktu itu, STM LP Ma'arif ini berada di bawah tanggung jawab penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Sumedang. Pada tahun 1977, STM ini mendapatkan ijin (terdaftar) dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat. Surat ijinnya berupa Surat Keputusannya dengan nomor 325/K/IE/STN/BPMK/JB/77 tertanggal 20 Maret 1977.

Awal berdiri, STM Ma'arif Sumedang membuka tiga jurusan yang bisa dipilih oleh siswanya. Ketiga jurusan tersebut adalah Teknik Instalasi Listrik, Teknik Mesin dan Teknik Bangunan. Perkembangan berikutnya, dikarenakan animo siswa untuk masuk ke teknik bangunan sangat sedikit, maka jurusan Teknik Bangunan ditutup. Kemudian pada tahun 2004, ada penambahan dua jurusan baru yaitu Teknik Sepeda Motor dan Teknik Rekayasa Perangkat Lunak. Hingga saat ini, di SMK Ma'arif 1 Sumedang ada empat jurusan atau program keahlian yaitu: Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan, Teknik Sepeda Motor (Teknik Otomotif Roda Dua) dan Teknik Rekayasa Perangkat Lunak.

Ketika terjadi perubahan nama dari STM menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), STM LP Ma'arif berubah namanya menjadi SMK Ma'arif 1 Sumedang.

Dalam menyelenggarakan kegiatan kependidikannya, SMK Ma'arif 1 Sumedang ditunjang dengan berbagai fasilitas yang sudah ada. Fasilitas utamanya seperti Ruang Kelas atau Ruang Teori, Ruang Laboratorium Komputer dan Ruang Perpustakaan. Kemudian ditambah juga dengan fasilitas pendukung lainnya seperti Ruang Kantor, Gudang, Bengkel, Klinik Kesehatan, Asrama Santri, Ruang Ibadah (Masjid), Lapangan olahraga, Koperasi Santri dan Sarana Sanitari.

Dan selain menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di kelas, di SMK Ma'arif juga terdapat pembelajaran di luar jam pelajaran seperti kegiatan keorganisasian siswa dan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK Ma'arif 1 Sumedang dan bisa diikuti oleh siswanya adalah seni baca Al-Qur’an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan eksakta (lab skill), ketrampilan, dan wirausaha.

Pada Tahun 2000, SMK Ma’arif 1 Sumedang menjadi salah satu SMK diantara 54 SMK swasta lainnya di Indonesia yang mendapatkan bantuan Peralatan Praktek Jurusan Teknik Instalasi Listrik dari Pemerintah Negara Austria. Bantuan ini merupakan hasil dari seleksi dan survey yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Nasional pada waktu itu terhadap lulusan SMK Ma'arif 1 Sumedang yang sebagian besar bekerja di perusahaan di kawasan Jabotabek.

Prestasi lainnya yang berhasil dicapai SMK Ma'arif 1 Sumedang adalah pada tahun 2009 berhasil menjuarai Lomba Keterampilan Siswa tingkat Jawa Barat untuk mata lomba Instalasi Listrik. Pada tahun 2014 SMK Ma'arif 1 Sumedang diberi kepercayaan menjadi peserta lomba di Tingkat Provinsi Jawa Barat di Sukabumi.

Pada tahun pelajaran 2014-2015 SMK Ma'arif 1 Sumedang berusaha meningkatkan palayanan kepada masyarakat dengan cara membuka kampus 2 yang berlokasi di daerah Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Sumedang. Peningkatan lainnya adalah melengkapi peralatan prakteknya dengan peralatan yang moderen sesuai dengan tuntutan Industri seperti mesin PLC dan CNC.

Tiap awal tahun pelajaran, SMK Ma'arif 1 Sumedang menerima pendaftaran siswa baru yang berasal dari lulusan SMP atau MTs. Pendaftaran bisa dilakukan perorangan atau kolektif di masing-masing sekolah asal SMP/MTs ke kampus SMK Ma'arif 1 Sumedang.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 06 April 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang