Logo SMK Kehutanan Rimba Bahari Sumedang

SMK Kehutanan Rimba Bahari Sumedang

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berada di pinggir jalan raya Sumedang -Wado
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati angkutan umum perkotaan Sumedang - Corenda dan angkutan umum antar kota Sumedang - Jakarta

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Wahana Bahari

Berdiri

2011

Alamat Lengkap

Jln. Raya Sumedang-Wado Km. 17 Desa Jatimekar Kecamatan Situraja Sumedang 45371

Nomor Telepon

0261-2727371

Email

smkk.rimba.bahari@gmail.com

Web Site

SMKK Rimba Bahari Sumedang

Akun Twitter

@smkkrimbabahari

Akun Facebook

Smkk Rimbabahari

Page Facebook

SMK Kehutanan Rimba Bahari Sumedang

Akun Google+

SMK Kehutanan Cisitu


Lokasi

SMK Kehutanan Rimba Bahari merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Sekolah ini dikelola di bawah Yayasan Wahana Bahari. Sekolah ini didirikan dan melaksanakan kegiatannya berdasarkan surat ijin dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang yang dikeluarkan pada tanggal 9 September 2011.

Sebelum SMK Kehutanan Rimba Bahari berdiri, di wilayah ini berdiri sekolah SMK Kehutanan Cisitu yang didirikan oleh tokoh masyarakat dan tokoh pendidikan setempat pada tahun 2008. Sementara pengelolaannya berada di bawah Yayasan Perkasya Insanindo (YPI). Kegiatan belajar mengajar siswanya dilakukan dengan cara menumpang di gedung sekolah dasar.

Pada tahun 2010, dilakukan penyerahan pengelolaan SMK Kehutanan Cisitu dari Dewan Pendiri kepada Yayasan Wahana Bahari Indonesia setelah sebelumnya dilakukan serah terima pengelolaan SMK Kehutanan dari YPI kepada Dewan Pendiri. Penyerahan kepada Yayasan Wahana Bahari ini kemudian menimbulkan sengketa dimana YPI mengklaim kembali SMK Kehutanan Cisitu. Dan akhirnya munculah dua SMK Kehutanan Cisitu di bawah masing-masing yayasan. Sengketa ini akhirnya bisa diselesaikan di tingkat Pengadilan Negeri Sumedang di akhir tahun 2012. Pengadilan Negeri Sumedang memutuskan untuk mencabut operasional SMK Kehutanan Cisitu di bawah YPI yang kemudian dilebur ke SMK Kehutanan Rimba Bahari yang berada di bawah Yayasan Wahana Bahari. Setelah dilakukan peleburan ini, kegiatan belajar mengajar SMK Kehutanan dilakukan di gedung yang dimiliki oleh Yayasan Wahana Bahari.

Sebagai satu-satunya sekolah SMK Kehutanan yang berlokasi di Sumedang, SMK Kehutanan Rimba Bahari menyelenggarakan pendidikan yang berkaitan dengan bidang kehutanan. Sebagaimana sekolah kehutanan yang lainnya, SMK Kehutanan Rimba Bahari menyelenggarakan pendidikan selama empat tingkat (tahun). Berbagai fasilitas telah tersedia seperti gedung sekolah untuk kegiatan belajar mengajar, laboratorium praktek, mushola, perpustakaan, asrama, lapangan olahraga futsal dan bola voli, lahan persemaian dan hutan pendidikan.

Kegiatan belajar mengajarnya didukung oleh tenaga pengajar yang ahli di bidangnya masing-masing dari berbagai disiplin ilmu. Sementara jurusan yang tersedia di SMK Kehutanan Rimba Bahari ini ada dua jenis yang berkaitan dengan kehutanan.

Selain kegiatan inti dalam belajar mengajar, di SMK Kehutanan Rimba Bahari juga terdapat kegiatan ekstrakurikuler. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler bisa diikuti oleh siswa sekolah seperti Kesenian, Polisi Keamanan Sekolah (PKS), Olahraga, OSIS, Pramuka, Paskibra, PMR, dan Pecinta Alam.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk web SMKK Rimba Bahari Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 21 Februari 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang