Logo SMK Darul Fatwa

SMK Darul Fatwa

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Berlokasi di kompleks Pondok Pesantren Darul Fatwa
  3. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  4. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Islam Darul Fatwa

Berdiri

2 Desember 2008

Alamat Lengkap

Jl. Letda Lukito No. 90 Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor

Web Site

Darul Fatwa


Lokasi

SMK Darul Fatwa merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan yang berada di wilayah Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor. Sekolah ini menjadi bagian dari lembaga pendidikan formal maupun informal yang dijalankan dan berada di bawah naungan Yayasan Islam Darul Fatwa.

SMK Darul Fatwa didirikan sebagai bagian dari lembaga pendidikan yang didirikan dengan bentuk awal berupa Pesantren Salafiyah di Desa Jatiroke. Dari pesantren ini akhirnya berkembang membentuk lembaga pendidikan formal, yang terakhir berupa SMK. SMK Darul Fatwa didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dengan nomor 642.2/2374.Kep/Disdik/2008 tertanggal 2 Desember 2008. Surat Keputusan ini berisikan tentang Pemberian Ijin Operasional kepada Yayasan Pendidikan Darul Fatwa untuk Mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Fatwa di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Pada awal pendiriannya, SMK Darul Fatwa menyediakan satu jurusan (program keahlian) saja yaitu Teknik Komputer dan Jaringan sebagai bagian dari program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika. SMK Darul Fatwa merupakan SMK pertama di Sumedang yang membuka jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Pada tahun 2012, SMK Darul Fatwa membuka program keahlian baru yaitu Teknik Sepeda Motor sebagai bagian dari program studi keahlian Teknik Otomotif. Program keahlian ini ditetapkan berdasarkan pada Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang nomor 421.3/3358.Kep/Disdik/2012 tertanggal 26 Oktober 2012. Surat Keputusan tersebut berisikan tentang Penetapan Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor pada SMK Darul Fatwa. Sampai saat ini, SMK Darul Fatwa menyelenggarakan kegiatan kependidikan dengan dua jurusan yang bisa dipilih oleh peserta didiknya yaitu Teknik Komputer dan Jaringan dan Teknik Sepeda Motor.

Dalam menjalankan kegiatan proses belajar mengajarnya, SMK Darul Fatwa memiliki visi untuk Membentuk Generasi Yang Berakhlaqulkarimah dan Berintelektual yang Memiliki Keunggulan Keterampilan Dalam Penguasaan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Dengan Didasari Iman Dan Taqwa. Sementara misi yang ingin dicapainya yaitu Meningkatkan kualitas dan kuantitas keilmuan siswa agar menjadi manusia yang bertaqwa dan beramal shaleh; Berupaya mencerdaskan dan mencetak siswa agar terampil di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek); Mempersiapkan siswa agar menjadi manuisa yang Sidiq, Amanah, Fatonah, dan Tabligh; serta mempersiapkan siswa agar mampu bersaing diera globalisasi.

Untuk menunjang kegiatan pembelajarannya, SMK Darul Fatwa sudah memiliki berbagai fasilitas baik fasilitas utama maupun fasilitas penunjang. Fasilitas yang ada di SMK Darul Fatwa diantaranya Ruang Belajar Teori atau Ruang Kelas, Ruang Laboratorium Komputer, Ruang Guru, Aula dan Bengkel Otomotif Sepeda Motor. Ditambah dengan fasilitas lainnya seperti Lapangan Upacara, lapangan olahraga dan area parkir.

SMK Darul Fatwa juga memiliki fasilitas Unit Usaha yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang tersedia. Unit usaha berupa Servis Point unit Sepeda Motor untuk kompetensi Teknik Sepeda Motor yang diadakan setiap tiga bula satu kali bekerja sama dengan Honda Motor. Sementara untuk Teknik Komputer dan Jaringan, ada unit usaha Servis Unit Komputer/Laptop yang menangani permasalahan software dan hardware. Layanan yang tersedia diantaranya adalah perbaikan hardware komputer, instalasi sistem operasi dan aplikasi, pembuatan website serta instalasi jaringan.

Pada tahun 2015 SMK Darul Fatwa mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) dengan predikat B. Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah tertanggal 1 Januari 2015.

Tiap awal tahun pelajaran, SMK Darul Fatwa menerima pendaftaran siswa baru yang berasal dari MTs dan SMP atau yang sederajat. Pendaftaran dilakukan setiap hari kerja dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu, mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 Januari 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang