Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Pendidikan Cendikia Cipta Utama

Berdiri

2009

Alamat Lengkap

Jl. Sukanegla Rt. 03/07 Dusun Sukanegla Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong

Nomor Telepon

0261-2800776

Email

mail.smkcendikia@gmail.com

Web Site

SMK Cendikia Rancakalong

Page Facebook

SMK Cendikia Rancakalong


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di wilayah Desa Pasirbiru
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Pedesaan Tanjungsari - Rancakalong secara tidak langsung. Turun di pertigaan Sukanegla dilanjutkan jalan kaki atau naik ojeg sekitar 600 meter

SMK Cendikia merupakan sebuah sekolah kejuruan yang berlokasi di Kecamatan Rancakalong. Sekolah ini didirikan sebagai salah satu usaha untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan dunia pendidikan di wilayah Kecamatan Rancakalong dalam menghadapi dunia kerja. Dunia kerja seperti beberapa industri yang berada di Kabupaten Sumedang dan sekitarnya menuntut adanya standarisasi keryawan atau pegawai minimal lulusan SLTA dengan dominasi lulusan SMK. Sementara di wilayah Kecamatan Rancakalong belum ada sekolah jenjang SMK.

Melihat kondisi tersebut, Yayasan Pendidikan Cendikia Cipta Utama mendirikan lembaga pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang diberi nama SMK Cendekia Rancakalong. Pada awal pendiriannya, sekolah ini menyelenggarakan kegiatan pendidikannya dengan cara menumpang ke SDN Pasirbiru selama satu tahun setelah mendapat ijin dari Kepala Dinas Pendidikan Kecamatan Rancakalong. Karena mendapatkan desakan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang untuk tidak menempati gedung Sekolah Dasar, SMK Cendekia Rancakalong mulai berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kecamatan Rancakalong untuk meminta gambaran mengenai lokasi yang tepat untuk SMK Cendekia. Pihak pemerintah Kecamatan Rancakalong menyarankan lokasinya di lingkungan pusat kota kecamatan. Namun pihak masyarakat Desa Pasirbiru menuntut pembangunan SMK Cendikia ini berada di sekitar daerah Desa Pasirbiru dikarenakan berdasarkan hasil Musrenbang Desa Pasirbiru, wilayah desa ini merupakan daerah kawasan pendidikan dan ekonomi.

Dengan adanya dukungan dari masyarakat Desa Pasirbiru serta diikuti dukungan pihak pemerintah Kecamatan Rancakalong, SMK Cendekia akhirnya membangun gedung sekolah yang berlokasi di wilayah Desa Pasirbiru, di atas lahan dengan luas tanah ± 1.120 m2. Lokasi ini cukup strategis karena terletak di dekat jalan propinsi dan di sekitarnya terdapat beberapa sekolah jenjang menengah pertama yaitu tiga SMP Negeri dan empat SMP swasta.

Pada tahun 2010 tepatnya tanggal 2 Agustus 2010, SMK Cendikia Rancakalong mendapatkan Surat Keputusan tentang Pendirian Sekolah dari Dinas Kependidikan Kabupaten Sumedang dengan Nomor 642.2/2405a.Kep./Disdik/2010. Sementara untuk Surat Keputusan tentang Izin Operasionalnya didapat pada tanggal 5 Februari 2015 dengan Nomor 642.2/249a.Kep./Disdik/2015.

Pada awalnya, SMK Cendikia Rancakalong menyelenggarakan pendidikannya dengan satu program keahlian yaitu Tekhnologi Informasi Komunikasi dengan Kompetensi Keahlian yang diambil Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Program ini dilengkapi dengan Bahasa Jepang sebagai program unggulannya. Saat ini, kompetensi keahlian yang ada di SMK Cendikia Rancakalong telah bertambah menjadi tiga yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Sepeda Motor (TSM) dan Administrasi Perkantoran (AP).

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Cendikia Rancakalong mulai pagi hari pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB. Selain kegiatan pembelajaran di kelas, ada juga kegiatan yang sifatnya ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa setelah jam pelajaran selesai. Kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa SMK Cendikia Rancakalong adalah Paskibra, Pramuka, Sepak Bola/Futsal, Bulutangkis, Bola Voli, Seni Tari dan Teater.

Pada tahun 2012, SMK Cendikia Rancakalong mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP S/M) dengan memperoleh peringkat B, sesuai dengan Nomor 02.00/209/BAP-SM/SK/X/2012 tertanggal 21 Oktober 2012.

SMK Cendikia didukung dengan berbagai fasilitas penunjang yang lengkap. Fasilitas yang sudah ada seperti ruang kelas/belajar, ruang laboratorium komputer, perpustakaan, ruang guru, ruang TU dan kepala sekolah, kantin, mushola, serta ruang serba guna.

Bagi lulusan SMP/MTs yang berdomisili di sekitaran Kecamatan Rancakalong dan ingin melanjutkan sekolah ke sekolah kejuruan, tidak ada salahnya untuk melanjutkan ke SMK Cendikia Rancakalong ini.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 26 Januari 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang