Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Bhakti Nusantara Sumedang

Berdiri

12 November 2008

Alamat Lengkap

Jl. Angkrek No. 119 Lingkungan Pangaduan Heubeul Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara

Nomor Telepon

0261-204656

Nomor Handphone

0852-2045-4448

Email

admin@smkbhatarasumedang.sch.id

Web Site

SMK Bhakti Nusantara

Akun Facebook

Bhakti Nusantara Sumedang

Page Facebook

SMK Bhakti Nusantara Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya Angkrek Sumedang
  2. Bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum perkotaan dan pedesaan: Sumedang - Sukamantri, Sumedang - Bojong

SMK Bhakti Nusantara merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan yang berada di kota Sumedang, tepatnya di Jalan Angkrek. Sekolah ini memiliki status sebagai sekolah swasta dan berada di bawah naungan Yayasan Bhakti Nusantara Sumedang.

SMK Bhakti Nusantara didirikan pada tahun 2008 dengan mengantongi ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang serta pendirian sekolah dengan Nomor 642.2/078.Kep./Disdik/2008 tertanggal 12 November 2008. Pada tahun itu juga SMK ini melakukan kegiatan operasional belajar mengajarnya.

Ada tiga jurusan yang yang dipilih oleh siswa yang masuk ke sekolah ini. Jurusan-jurusan tersebut adalah Teknis Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Selain ketiga jurusan tersebut, SMK Bhakti Nusantara Sumedang juga memiliki kelas khusus Yamaha. Sehingga, menjadi satu-satunya sekolah kejurusan di Sumedang yang memiliki kelas khusus tersebut. Kelas khusus ini berawal dari keharusan bahwa SMK untuk membuka jejaring dengan dunia usaha dan dunia industri. Sebelum memiliki kelas khusus ini, SMK Bhakti Nusantara Sumedang merupakan sekolah binaan Yamaha yang kemudian dilanjutkan dengan adanya komitmen membuka kelas khusus Yamaha yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Saat ini, semua jurusan yang tersedia di SMK Bhakti Nusantara telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A (Amat Naik).

Bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat dan ingin melanjutkan sekolahnya ke jenjang sekolah kejuruan, tidak ada salahnya untuk melanjutkan ke SMK Bhakti Nusantara Sumedang ini. Dalam menghadapi era global, SMK Bhakti Nusantara memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik yang terampil dan berkompetensi serta berwawasan lingkungan di bidang teknologi. Di samping tentunya membentuk siswa yang berakhlak mulia.

Di SMK Bhakti Nusantara Sumedang, bagi siswa yang berprestasi, disediakan beasiswa. Kemudian bagi siswa baru disediakan bonus tambahan yaitu gratis DP (uang pangkal) jika ingin menyicil motor Yamaha. Kemudian SMK Bhakti Nusantara juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan sebagai industri pendamping seperti PT Yamaha Motor (YIMM), PT Toyota dan PT Cakrawala Global Informatika (CGI).

Berbagai fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar siswa sudah tersedia. Termasuk lahan dan bangunan yang digunakannya sudah merupakan milik sendiri/yayasan. Ruang belajar dan bengkel sudah tersedia, serta fasilitas lainnya seperti laboratorium komputer, ruang perpustakaan, aula, ruang guru, ruang tata usaha, mushola dan koperasi siswa.

Selain menyelenggarakan kegiatan di dalam kelas, siswa SMK Bhakti Nusantara Sumedang juga bisa mengikuti kegiatan di luar kurikulum berupa kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK ini diantaranya adalah Pramuka, Paskibra, Sepak bola, Futsal, Bola Voli, Karate dan Silat. Kemudian ada tambahan ekstrakurikuler yang sifatnya kejuruan seperti road race, mengemudi, service & tune up, pengelasan, perakitan komputer, instalasi software & jaringan serta desain program.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 Maret 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang