Logo SMK Barokah Bhakti

SMK Barokah Bhakti

SMK

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya Tanjungsari - Rancakalong
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Pedesaan Tanjungsari - Rancakalong

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Anugerah Bakti Barokah (YABB)

Berdiri

2016

Alamat Lengkap

Jl. Raya Rancakalong - Tanjungsari Sumedang Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong

Page Facebook

SMK Barokah Bhakti


Lokasi

SMK Barokah Bhakti merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan swasta yang berada di wilayah Desa Rancakalong. Sekolah ini berada di bawah pengelolaan dan naungan Yayasan Anugerah Bakti Barokah (YABB). Sekolah ini mulai berdiri pada tahun 2016.

SMK Barokah Bhakti didirikan oleh Yayasan Anugerah Bakti Barokah (YABB) pada tahun 2016 berdasarkan pada Surat Keputusan dengan nomor 06/YABB/A/III/2016 tertanggal 1 Maret 2016. Dan sekolah ini mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumedang pada tahun yang sama. Surat ijin ini berdasarkan pada SK dengan nomor 642.2/4054.Kep./Dikbud/2016 tertanggal 4 Oktober 2016. Surat Keputusan ini berisi tentang Pemberian ijin operasional kepada SMK Barokah Bhakti Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang, untuk operasional pembelajaran SMK Barokah Bhakti di Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mulai tahun pelajaran 2016/2017.

SMK Barokah Bhakti menyelenggarakan kegiatan kependidikannya meliputi dua buah kompetisi keahlian dimana keduanya merupakan binaan. Program keahlian pertama adalah Teknik Sepeda Motor yang merupakan binaan dari PT. Astra Honda Motor (AHM), kemudian yang kedua adalah Perbankan Syariah yang merupakan binaan dari Perbankan Syariah.

Sekolah ini dibangun untuk mendukung program pemerintah dalam menyelenggarakan wajib belajar 12 tahun. Dalam mendukung program tersebut, SMK Barokah Bhakti menggratiskan biaya sekolah bagi siswa yang orang tuanya merasa keberatan dengan pembiayaan sekolah yang didukung dengan surat keterangan tidak mampu dari pihak desa. Selain itu, SMK Barokah Bhakti juga uang bangunan ditambah ada jaminan kesehatan bagi siswa di Klinik Barokah Bhakti. Bagi siswa yang tempat tinggalnya jauh, di SMK Barokah Bhakti juga tersedia mess dan ada pesantrennya juga.

Saat ini, di SMK Barokah Bhakti tersedia tiga jurusan yang bisa dipilih oleh siswanya. Selain program keahlian yang telah disebutkan sebelumnya, ada tambahan program keahlian Asisten Keperawatan.

Dalam menjalankan kegiatan pembelajarannya, SMK Barokah Bhakti didukung dengan fasilitas yang lengkap. Fasilitas utama yang sudah ada di SMK Barokah Bhakti seperti Ruang Kelas (Ruang Teori), Laboratorium Komputer dan Ruang Peprustakaan. Ditambah fasilitas pendukungnya seperti Ruang Kantor, Mushola, Ruang Olahraga, Ruang UKS, Ruang Praktek, Kantin dan Gudang.

Di SMK Barokah Bhakti, selain bisa mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dan jam pelajaran, siswanya juga bisa mengikuti kegiatan lainnya seperti kegiatan ekstrakurikuler dan program unggulan yang disediakan. Program unggulan yang ada di SMK Barokah Bhakti adalah Kegiatan Rutinan dan Kerohanian seperti Shalat Dhuha dan Shalat Wajib berjamaah serta Kajian Al-Quran dan Sunnah. Ditambah dengan adanya fasilitas GOR sebagai sarana olahraga dan kegiatan lainnya serta kegiatan ekstrakurikuler berbasis alam. Sementara jenis kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa SMK Barokah Bhakti diantaranya adalah Pramuka, Paskibra, PMR, Bola Voli, Futsal, Bulutangkis dan Tenis Meja.

Bagi lulusan SMP atau MTs dan sederajat yang ingin melanjutkan studi bisa mendaftarkan diri ke SMK Barokah Bhakti. Pendaftaran siswa baru biasanya dilakukan di awal tahun pelajaran yang baru. Pendaftaran siswa baru dilakukan langsung ke sekretariat pendaftaran di kampus SMK Barokah Bhakti. Pendaftaran dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 14 April 2019

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang