Logo SMA Negeri Tomo

SMA Negeri Tomo

SMA

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya Cijelag
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Antar-Kota yang melewati kawasan Cijelag

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

26 Oktober 1995

Alamat Lengkap

Jl. Ujungjaya - Cijelag Tomo Km. 30 Sumedang

Nomor Telepon

0233-8666076

Email

sman_tomo@yahoo.co.id

Web Site

SMAN Tomo

Akun Twitter

@smantomo

Akun Facebook

Sman Tomo

Page Facebook

SMAN TOMO

Akun Google+

SMA Negri Tomo


Lokasi

SMA Negeri Tomo merupakan sebuah sekolah menengah atas yang berada di wilayah Kecamatan Tomo. Lokasinya berada di pinggir jalan raya Cijelag - Ujungjaya. Pada awalnya merupakan sekolah yang berinduk ke SMA Negeri 2 Sumedang (SMA Negeri 1 Cimalaka).

Pada tahun pelajaran 1994/1995, SMA Negeri Tomo mulai berdiri dengan cara menginduk ke SMA Negeri 2 Sumedang saat itu (saat ini bernama SMA Negeri 1 Cimalaka). Pada saat berdirinya, SMA Negeri Tomo memiliki kelas sebanyak dua kelas. Kemudian pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 0315/O/1995 tertanggal 26 Oktober 1995 yang digunakan sebagai landasan peresmian sekolah salah satunya SMA Negeri Tomo. Kemudian dilakukan pembangunan Unit Gedung Baru (UGB) sekolah SMA Negeri Tomo yang terletak di daerah Cijelag Kecamatan Tomo.

Selesai pembangunan UGB, pada tahun pelajaran 1996/1997 mulai bisa digunakan. Siswa SMA Negeri Tomo yang masih menginduk ke SMA Negeri 2 Sumedang dan berjumlah dua kelas diberikan pilihan, apakah mau pindah ke SMA Negeri Tomo dengan lokasi barunya atau tetap berada di SMA Negeri 2 Sumedang. Hasil penawaran ini, satu kelas siswa memilih tetap bersekolah di SMA Negeri 2 Sumedang dan satu kelas lagi memilih bersekolah di SMA Negeri Tomo dengan bangunan barunya. Pada saat itu, SMA Negeri Tomo dikepalai oleh Bapak Jojon, BA. sebagai pejabat lapangan harian antara tahun 1996-2000.

Pada tahun 2013 SMA Negeri Tomo mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) dengan predikat A. Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 02.00/349/BAP-SM/XII/2013 tertanggal 23 Desember 2013.

Saat ini SMA Negeri Tomo sudah didukung dengan fasilitas atau sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Fasilitas utamanya seperti Ruang Kelas, Laboratorium IPS, Laboratorium Komputer, Ruang Perpustakaan dan Ruang Keterampilan. Kemudian ditambah dengan Ruang UKS, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang TU, Ruang OSIS, Ruang Ibadah, Ruang Multimedia, Ruang Olahraga, dan toilet/WC.

Sebagaimana sekolah jenjang menengah atas lainnya, di SMA Negeri Tomo juga tersedia tiga jurusan yang bisa diikuti oleh siswanya. Jurusan yang tersedia adalah jurusan Ilmu Pendidikan Alam (IPA), Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) dan jurusan Bahasa.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di jam pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, di SMA Negeri Tomo juga tersedia berbagai jenis kegiatan di luar jam pelajaran seperti ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan. Ada berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa SMA Negeri Tomo yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Pramuka, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Pecinta Alam, Palang Merah Remaja (PMR), KIR, Rohani Islam (Rohis), Olahraga, Pencak Silat.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 26 Juli 2018

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang