Logo SMA Negeri Jatinunggal

SMA Negeri Jatinunggal

SMA

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat
  3. Bisa menggunakan Angkutan Umum Antar Kota Bantarujeg - Wado - Sumedang - Bandung

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

29 Januari 1998

Alamat Lengkap

Jalan Raya Tarikolot - Jatinunggal

Nomor Telepon

0262-428554

Nomor Handphone

0857-2215-2151

Email

smanjatinunggal@yahoo.com

Web Site

SMAN Jatinunggal

Akun Twitter

@SMAN_Jat

Akun Facebook

Sman Jatinunggal

Page Facebook

SMAN JATINUNGGAL

Akun Google+

SMAN Jatinunggal


Lokasi

SMA Negeri Jatinunggal merupakan sebuah sekolah menengah atas yang berlokasi di wilayah Kecamatan Jatinunggal. Tepatnya berada di Jalan Raya Tarikolot - Sirnasari Jatinunggal. Sebelum terbentuknya Kecamatan Jatinunggal, sekolah ini bernama SMA Negeri 1 Wado.

Sekolah ini mulai berdiri pada tahun pelajaran 1994/1995. Pada waktu itu status SMA Negeri 1 Wado merupakan sekolah filial dari SMA Negeri 1 Darmaraja yang menggunakan kampus SMA Negeri 1 Darmaraja sebagai tempat melangsungkan proses belajar mengajarnya. Namun waktunya pada siang hari sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar siswa SMA Negeri 1 Darmaraja. Jumlah siswa pada angkatan pertama ini sebanyak 110 orang yang terdiri atas 56 orang siswa dan 54 orang siswi.

Pada tahun anggaran 1996/1997 pemerintah memulai proyek pembangunan SMA di Jawa Barat. Diawali dengan pembebasan lahan dengan luas 11.000 meter persegi kemudian di atasnya dibangun unit gedung baru (UGB) yang memiliki fasilitas sembilan Ruang Kelas, satu Ruang Kepala Sekolah dan Tata Usaha, satu Ruang Guru, satu Ruang Perpustakaan, dua Ruang Laboratorium, satu unit WC guru dan satu unit WC siswa. Dan pada tahun pelajaran 1997/1998 proses belajar mengajar SMA Negeri 1 Wado dipindahkan dari SMA Negeri 1 Darmaraja ke lokasi yang baru ini.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13a/O/1998 tertanggal 29 Januari 1998 tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1996/1997, SMA Negeri 1 Wado resmi dibuka dan menjadi sekolah negeri. Kemudian pada tanggal 30 Desember 2004 sesuai dengan Sertifikasi NSS dan NIS Nomor 421/2598a/Disdik/2004, nama SMA Negeri 1 Wado diubah menjadi SMA Negeri Jatinunggal.

Pada tahun 2013 SMA Negeri Jatinunggal mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) dengan predikat A. Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 02.00/349/BAP-SM/XII/2013 tertanggal 23 Desember 2013.

Saat ini SMA Negeri Jatinunggal didukung dengan berbagai fasilitas berupa sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas yang ada di kampus SMA Negeri Jatinunggal diantaranya adalah Ruang Kelas atau Teori, Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Laboratirium Komputer dan Laboratorium Bahasa, serta Ruang Perpustakaan. Kemudian ditambah dengan Ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Ruang Koperasi, Ruang BP/BK, Ruang UKS, Ruang Ibadah, serta toilet WC baik untuk guru maupun siswa.

Sebagaimana sekolah jenjang menengah atas lainnya, di SMA Negeri Jatinunggal juga tersedia tiga jurusan yang bisa diikuti oleh siswanya. Jurusan yang tersedia adalah jurusan Ilmu Pendidikan Alam (IPA), Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) dan jurusan Bahasa.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di jam pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, di SMA Negeri Jatinunggal juga menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan di luar jam pelajaran seperti ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan. Organisasi kesiswaan yang bisa diikuti oleh siswa seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK). Kemudian kegiatan ekstrakutikuler yang tersedia di SMA Negeri Jatinunggal diantaranya adalah Drum Band, Paskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Karya Ilmiah Remaja (KIR), Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Keputrian, Sepak Bola, Bola Voli, Karate dan Seni.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 Juli 2018

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang