Logo SMA Negeri 3 Sumedang

SMA Negeri 3 Sumedang

SMA

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan di kota Sumedang
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan 06 Sumedang - Corenda

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

4 Februari 2004

Alamat Lengkap

Jalan Cipadung No. 54 Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara

Nomor Telepon

0261-201150

Email

man3sumedang@yahoo.co.id

Web Site

SMA Negeri 3 Sumedang

Akun Twitter

@Sman3Sumedang

Page Facebook

Sman 3 Sumedang


Lokasi

SMA Negeri 3 Sumedang merupakan sebuah sekolah menengah atas yang berada di kota Sumedang. Tepatnya berlokasi di Jalan Cipadung No. 54 Kelurahan Kotakaler, bagian timur wilayah perkotaan Sumedang. Pada awalnya SMA ini merupakan SMA swasta dengan nama SMA Petang 1 dan Petang 2.

Sebelum menjadi SMA Negeri 3 Sumedang, sekolah ini merupakan Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di bawah naungan Yayasan Kutamaya. Sekolah yang bernama SMA Petang 1 dan SMA Petang 2 sudah ada semenjak tahun 1976. Kemudian karena kebaikan dan kesadaran dari para pengurus Yayasan Kutamaya, SMA Petang 1 dan SMA Petang 2 ini dihibahkan kepada Pemerintah Daerah Sumedang. Pemerintah Kabupaten Sumedang kemudian menerbitkan Surat Keputusan yang menjadikan SMA Petang 1 dan SMA Petang 2 menjadi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dengan nama SMA Negeri 3 Sumedang. Surat Keputusan ini dikeluarkan pada tanggal 4 Februari 2004 dengan Nomor 421.3/Kep. 34-Huk/2004, namun untuk peresmian SMA Negeri 3 Sumedang ini dilakukan pada tanggal 20 Juni 2004 oleh Bupati Sumedang, H. Don Murdono, S.H., M.Si. Sampai sekarang, tanggal 4 Februari ditetapkan sebagai hari jadi SMA Negeri 3 Sumedang.

Walau masih berusia muda, namun SMA Negeri 3 Sumedang sudah memiliki fasilitas atau sarana dan prasarana yang memadai. Selain Ruang Kelas untuk proses belajar mengajar, SMA Negeri 3 Sumedang juga ditunjang dengan fasilitas laboratorium yang lengkap mulai dari Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia dan Laboratorium Fisika, Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Komputer. Ada juga Perpustakaan Sekolah dan fasilitas lainnya seperti Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, toilet (WC), mushola, Ruang Koperasi, Ruang OSIS dan Ruang UKS.

Sebagaimana sekolah jenjang menengah atas lainnya, di SMA Negeri 3 Sumedang juga terdapat tiga jurusan yang bisa diikuti oleh siswanya. Jurusan yang tersedia adalah jurusan Ilmu Pendidikan Alam (IPA), Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) dan jurusan Bahasa.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku, di SMA Negeri 3 Sumedang juga tersedia berbagai jenis kegiatan di luar kurikulum seperti ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan. Ada berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa SMA Negeri 3 Sumedang yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Majalah Dinding (Mading), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, Olahraga, dan ekstrakurikuler lainnya.

Terkait bidang olahraga, SMA Negeri 3 Sumedang merupakan salah satu sekolah menengah atas di Sumedang memiliki prestasi di bidang ini. Banyak siswa-siswi SMA Negeri 3 Sumedang yang berhasil meraih prestasi yang membanggakan di berbagai kompetisi olahraga yang diselenggarakan baik di level kabupaten, propinsi maupun nasional. Bidang olahraga yang menonjol di SMA Negeri 3 Sumedang adalah Bulutangkis, Sepak Bola, Bola Voli, Bola Basket, Tenis Meja, dan Futsal. Dan untuk mendukung siswa-siswi yang berprestasi di bidang olahraga ini, SMA Negeri 3 Sumedang sampai membebaskan seluruh biaya pendidikan bagi siswa dan siswi maupun calon siswa dan siswi yang mempunyai prestasi di bidang olahraga.

Walau berlokasi di pinggiran kota Sumedang, namun SMA negeri 3 Sumedang memiliki sarana dan prasarana cukup yang lengkap. Sehingga mendukung proses belajar mengajar yang diselenggarakannya. Mulai dari Ruang Kelas, Rang Guru, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha, Laboratorium (Biologi, Fisika dan Komputer) serta Perpustakaan. Ditambah dengan sarana pendukung lainnya seperti Mushola, Toilet (WC), Ruang OSIS, Ruang UKS, dan Koperasi.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 14 Juli 2018

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang