Sekilas Kontak

Berdiri

15 Juli 1991

Alamat Lengkap

Jalan Margamukti No. 18 Desa Licin Kecamatan Cimalaka

Nomor Telepon

0261-203089

Email

sma2cimalaka@gmail.com

Page Facebook

Sman 2 Cimalaka


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Citimun. Turun di pertigaan depan SMAN 1 Cimalaka. Dilanjut jalan kaki atau naik ojeg ke arah utara sekitar 1 km

Sekolah Menengah Atas atau SMA Negeri 2 Cimalaka merupakan sebuah sekolah menengah yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka. Lokasinya berada di kaki Gunung Tampomas bagian selatan. Pada awalnya sekolah ini merupakan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Sumedang.

Sebelum menjadi sekolah menengah atas, kampus SMA Negeri 2 Cimalaka merupakan kampus Sekolah Pendidikan Guru Negeri (SPGN) Sumedang. Setidaknya sampai dengan tahun 1991. Pada tahun 1991 pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan tentang Pengalihan Sekolah Pendidikan Guru dan Sekolah Guru Olahraga menjadi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Lain. Berdasarkan Surat Keputusan ini sebanyak 119 Sekolah Pendidikan Guru (SPG) dan 18 Sekolah Guru Olahraga (SGO) beralih fungsi menjadi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas antara lain (seperti SMA, SMT Pertanian, SMEA, SMKK, dan SMPS).

Sebagai salah satu Sekolah Pendidikan Guru Negeri (SPGN), sekolah ini juga terkena imbasnya. Sesuai dengan Surat Keputusan dengan Nomor 0426/0/1991 tertanggal 15 Juli 1991 tersebut, SPGN Sumedang ini beralih fungsi menjadi SMA Negeri 4 Sumedang. Pada tahun 1997 pemerintah memberlakukan kebijakan nomenklatur dan penamaan sekolah berdasarkan lokasi wilayah kecamatan. Dengan demikian SMA Negeri 4 Sumedang ini berganti nama menjadi SMA Negeri 2 Cimalaka. Perubahan nama ini berdasarkan pada Surat Keputusan Nomor 035/0/1997 tanggal 7 Maret 1997. Sampai saat ini, namanya tidak berubah, SMA Negeri 2 Cimalaka.

Pada tahun 2013 SMA Negeri 2 Cimalaka ini mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) dengan predikat A. Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 02.00/349/BAP-SM/XII/2013 tertanggal 23 Desember 2013. Pada tahun yang sama pula, SMA Negeri 2 Cimalaka menjadi salah satu sekolah percontohan dalam penerapan kurikulum 2013.

Walau berlokasi di kaki Gunung Tampomas dan tidak dilewati Angkutan Umum, namun SMA negeri 2 Cimalaka memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Sehingga sangat mendukung dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakannya. Mulai dari Ruang Kelas, Rang Guru, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha, Laboratorium (Biologi, Kimia, Fisika, Bahasa dan Komputer) serta Perpustakaan. Ditambah dengan sarana pendukung lainnya seperti Mushola, Toilet (WC), Ruang OSIS, Ruang UKS, dan Koperasi.

Sebagaimana sekolah jenjang menengah atas lainnya, di SMA Negeri 2 Cimalaka juga tersedia tiga jurusan yang bisa diikuti oleh siswanya. Jurusan yang tersedia adalah jurusan Ilmu Pendidikan Alam (IPA), Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) dan jurusan Bahasa.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di jam pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, di SMA Negeri 2 Cimalaka juga tersedia berbagai jenis kegiatan di luar jam pelajaran seperti ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan. Ada berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa SMA Negeri 2 Cimalaka yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Himpunan Remaja Masjid (HRM), Majalah Dinding (Mading), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, Olahraga seperti Silat, Karate, Bola Voli, Sepak bola dan bulutangkis.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 12 Juli 2018

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang