Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Kampung Sawah Jambe Desa Leuwihideung Kecamatan Darmaraja


Lokasi


Akses Lokasi

Situs Sawah Jambe merupakan sebuah situs yang berlokasi di wilayah Kampung Sawah Jambe Desa Leuwihideung Kecamatan Darmaraja. Situs ini berupa tiga buah batu berdiri (menhir). Letak situs ini berada di sebuah bukit yang sebagian lahannya digunakan sebagai pemakaman umum masyarakat. Posisinya berada di sebelah barat daya Kampung Sawah Jambe.

Bukit yang menjadi lokasi Situs Sawah Jambe ini masih bersatu dengan kawasan perbukitan Pasir Limus. Sehingga posisi Situs ini berada di sebelah timur Situs Pasir Limus. Di Situs Sawah Jambe ditemukan bangunan teras berundak pada terletak di atas lahan dengan luasan 15 x 25 meter. Bangunan teras berundak ini dibangun mengikuti kontur bukit. Tidak jelas berapa jumlah terasnya, karena struktur bebatuannya sudak acak. Pada teras teratas ditemukan empat menhir dalam posisi rebah.

Ekskavasi yang dilakukan tim Disbudpar menemukan hamparan lapisan batu padas/tufaan pada kedalaman 20 cm di bawah permukaan tanah puncak punden. Selain itu, ditemukan juga fragmen gerabah pada kedalaman 15 cm. Di bawah teras pada bagian sisi selatan terdapat teras yang dibatasi susunan batu. Menurut cerita rakyat, Situs Sawah Jambe adalah bekas gudang senjata pusaka Kerajaan Tembong Agung.

Ketika bendungan Jatigede mulai diairi, Situs Sawah Jambe tidak termasuk situs yang direlokasi. Hanya saja di kawasan situs Sawah Jambe ini dibuatkan penanda menggunakan tembok permanen dari semen. Mungkin karena lokasinya berada di punggung bukit Pasir Limus, Situs Sawah Jambe ini tidak akan tenggelam sebagaimana Situs Pasir Limus yang memiliki ketinggian 275 meter di atas pemukaan laut. Sebagaimana diketahui, ketinggian elevasi permukaan air bendungan Jatigede berada pada titik 260 meter di atas permukaan laut.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk Cipaku Darmaraja)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 11 Maret 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang