Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Kampung Cisema Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Bisa diakses menggunakan kendaraan dilanjut dengan berjalan kaki

Situs Puncak Damar terletak di Kampung Cisema Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. Situs ini berupa kompleks pemakaman, yang di dalamnya terdapat tiga buah makam keramat. Makam keramat yang ada di Situs Puncak Damar ini adalah makam Buyut Maja, makam Embah Entol (Tatang Jalak) dan makam Suta Derepa. Makam tersebut terletak di dataran tinggi sebuah punggung bukit.

Situs dibatasi dengan benteng alam berupa lerengan. Sisi sebelah utara dan timur memiliki kemiringan kurang lebih 60 derajat, sedangkan sisi sebelah selatan agak landai dengan kemiringan kurang lebih 15 derajat. Sisi ini digunakan sebagai jalur masuk ke kompleks Situs Puncak Damar. Sisi sebelah barat berupa lerengan dengan kemiringan kurang lebih 10 derajat.

Makam Embah Entol berbentuk persegi panjang dengan susunan batu alam berbentuk persegi. Bangunanannya berorientasi utara ke selatan. Makam ini berukuran 180 x 100 cm dan tidak memiliki nisan. Tokoh ini dipercaya sebagai pendiri Desa Paku Alam.

Pada bulan Maulud, biasanya banyak peziarah yang datang ke tempat ini untuk melakukan ziarah. Mereka biasanya berdoa untuk mendapatkan jodoh, rejeki dan keselamatan.

(Dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 18 September 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang