Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Kampung Pasir Limus Desa Leuwihideung Kecamatan Darmaraja


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Namun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki

Sesuai dengan namanya, Situs Pasir Limus berlokasi di Kampung Pasir Limus Desa Leuwihideung Kecamatan Darmaraja. Situs ini merupakan sebuah kompleks pemakaman keramat yang berlokasi di sebuah bukit kecil. Bukit kecil ini juga bernama Pasir Limus. Posisinya berada di sebelah utara Kampung Muhara.

Situs Pasir Limus berupa bangunan teras berundak yang berada di atas puncak bukit dengan luas teras teratas berukuran 35 x 20 meter. Sementara luas teras terbawah berukuran 50 x 35 meter. Bangunan  teras berundak ini dijadikan makam keramat.

Kompleks makam berada di bagian tertinggi di sisi barat, berupa susunan batu andesit dengan nisan setinggi 20 s.d. 60 cm. Kompleks makam ini terdiri dari beberapa makam tokoh yang berhubungan dengan leluhur masyarakat Sumedang seperti Eyang Jamanggala, Eyang Istri Ratna Komala Inten, Eyang Jayaraksa (Eyang Nanti), dan makam lainnya.

Makam Embah Dalem Jamanggala

Merupakan tokoh utama yang menempati pemakaman keramat Situs Pasir Limus. Makam ini dikelilingi dengan pagar yang terbuat dari bambu. Jirat makamnya berupa tatanan batu alam berdenah empat persegi panjang. Batu nisannya juga terbuat dari batu alam tanpa dimodifikasi.

Makam Nyi Mas Ratna Komala Inten

Makam ini terletak di sebelah tenggara makam Embah Dalem Jamanggala. Makam ini terdiri atas jirat berupa tatanan batu alam berdenah persegi panjang dengan nisan terbuat dari batu alam. Di sebelah timurnya terdapat monolit.

Makam Eyang Dipa, Eyang Dipawangsa, dan Eyang Mananti

Makam-makam ini terletak di sebelah barat daya makam Eyang Jamanggala. Makamnya ditandai dengan nisan yang terbuat dari batu alam.

Makam Eyang Jayaperkasa (Eyang Nanti) atau disebut juga Petilasan Tilem

Makam ini terletak di sebelah timur kelompok makam Eyang Dipa. Lokasinya berada pada bangunan teras berundak.

Menurut cerita rakyat, Embah Dalem Jamanggala merupakan seorang tokoh yang pertama kali mendiami Kampung Pasir Limus. Para peziarah biasanya berdatangan ke situs Pasir Limus ini, yang sengaja datang untuk berdoa agar harapannya bisa terkabul atau jika akan menyelenggarakan hajatan, panen dan tutup tahun.

(Dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 19 Agustus 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang