Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Kampung Cipeueut Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di tengah pesawahan penduduk
  2. Diakses dengan berjalan kaki melewati pematang sawah (pesawahan) sekitar 400 meter
  3. Sampai jalan besar bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Dilanjutkan dengan jalan kaki

Situs Cipeueut atau yang dikenal pula dengan sebutan Astana Cipeueut merupakan sebuah kawasan makam keramat yang berlokasi di Kampung Cipeueut Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja. Di lokasi ini terdapat tiga buah makam yang dikeramatkan. Makam tersebut adalah Makam Guru/Prabu Aji Putih, Makam Nyi Mas Ratu Inten/Nyi Mas Nawang Wulan, dan Makam Sanghiang Resi Guru Agung.

Melihat lokasinya, berada di sekitar lahan pesawahan penduduk dengan ketinggian wilayah kurang lebih 230 meter di atas permukaan laut. Berada dekat dengan sungai Cibayawak.

Berdasarkan pengamatan, bagian situs yang pertama berbentuk empat persegi panjang yang dibatasi oleh pagar batu setinggi 20 cm. Pada bagian atas tengah (sisi panjang) terdapat lingga (semu) dan di depan lingga diletakkan batu datar (tempat sesaji). Batu penyusunnya terdiri dari batu kali. Lokasi ini disebut dengan Makam Nyi Mas Ratu Inten/Nyi Mas Nawang Wulan.

Yang kedua, pada jarak sekitar 350 meter terdapat bangunan teras berundak yang terletak pada meander sungai Cibayawak. Namun teras-teras itu sudah tidak utuh, sehingga sulit untuk diamati. Pada teras teratas terdapat tumpukan batu terdiri dari dua undakan. Di tengah bagian atas (sisi lenar) tumpukan batu undakan kedua terdapat lingga (semu). Di bawah teras terdapat jalan menurun, dan tidak jauh dari ujung tangga terdapat mata air serta tumpukan batu berbentuk empat persegi panjang. yang pada bagian tengah atas (sisi lebar) terdapat lingga (semu). Di depan lingga diletakkan batu datar (tempat sesaji). Lokasi kedua dan ketiga ini dinamakan dengan Makam Prabu Aji Putih dan Makam Eyang Wulan.

Melihat konstruksinya dan bahan bebatuan yang digunakannya sama dengan struktur punden di Situs Astana Gede.

Situs Cipeueut ini diyakini merupakan makam leluhur Sumedang. Sehingga tidak heran, situs ini menjadi tempat ziarah untuk meminta berkah atau menyampaikan nazar. Hal ini tampak dari sisa-sisa perlengkapan acara ritual.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 04 Agustus 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang