Logo Situs Astana Gede

Situs Astana Gede

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di kawasan pemakaman umum masyarakat Astana Gede
  2. Berada di pinggir jalan besar
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda empat maupun roda dua

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Pemakaman Astana Gede Kampung Astana Gede Desa Cipaku


Lokasi

Situs Astana Gede merupakan situs yang berada di Kampung Astana Gede Desa Cipaku. Lokasinya berada di pemakaman umum warga setempat, sehingga aksesnya cukup mudah berada di pinggir jalan masuk ke Desa Cipaku. Berdasarkan data topografi, situs Astana Gede berada pada ketinggian 230 meter di atas permukaan laut.

Di situs ini ada empat buah makam keramat yaitu Makam Embah Dalem Prabu Lembu Agung, Makam Kiyai Demang Cipaku, Makam Embah Jalul, dan Makam Nyi Mas Siti Sujiah (istri Prabu Lembu Agung). Sampai sekarang makam-makam ini masih dikeramatkan oleh masyarakat, baik masyarakat setempat maupun masyarakat luar daerah.

Situs Astana Gede berupa bangunan teras berundak terdiri dari tiga teras. Teras paling atas berukuran lebih kecil, terdapat makam Embah Jalul, dan dua teras berikutnya terdapat makam Dalem Prabu Lembu Agung dan makam Embah Dalem Demang Cipaku. Pada teras-teras itu terdapat gundukan batu berbentuk empat persegi dengan satu sampai tiga undakan, berorientasi utara-selatan.

Lingga (semu), menhir atau bagian batu tegak berbentuk kubus dengan atap berbentuk trapesium diletakkan di bagian utara permukaan puncak punden. Di sekitaran makam ini terdapat pemakaman umum dengan luas sekitar 35 x 30 meter.

Makam Prabu Lembu Agung

Prabu Lembu Agung merupakan salah satu raja Kerajaan Sumedanglarang. Makam Prabu Lembu Agung berada di bagian paling dalam atau paling utara lahan yang dikeramatkan. Makam dikelelingi pagar kayu dengan pintu masuk di bagian selatan pagar. Makam berupa struktur batu berteras dua dengan batu tegak di puncaknya sebagi nisan. Makam berorientasi utara-selatan.

Makam Embah Jalul

Makam Embah Jalul berada di sebelah selatan makam Prabu Lembu Agung. Makam terdiri dari jirat berupa struktur batu alam dan nisan berupa batu berdiri. Makam berorientasi utara-selatan.

Makam Nyi Mas Siti Sujiah

Makam Nyi Mas Siti Sujiah berada pada bagian paling selatan kompleks makam yang dikeramatkan. Bagian makam ini dikelilingi pagar dari susunan batu setinggi sekitar 80 cm hingga 1 m, dengan ketebalan 80 cm. Bagian halaman yang berpagar ini berdenah empat persegi berukuran sekitar 7 x 8 m. Pintu/jalan masuk berada di sisi selatan. Tepat di sebelah dalam jalan masuk terdapat batu datar. Makam terdiri dari jirat dan nisan. Jirat berupa struktur batu alam berdenah segi empat berorientasi utara-selatan sedikit menyerong ke arah timur laut–barat daya. Nisan bagian selatan berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan nisan bagian utara. Kedua nisan terbuat dari batu yang dipangkas sehingga berbentuk papan batu.

Situs Astana Gede banyak dikunjungi oleh peziarah yang berasal dari luar daerah Cipaku. Biasanya peziarah melakukan ritual doa, membakar kemenyan, menabur bunga dan menyiram makam dengan air. Pada waktu tertentu, ada sejumlah peziarah yang bermalam di situs.

(Dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 Agustus 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang