Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

UPTD TK-SD dan PNF Kecamatan Rancakalong

Berdiri

1954

Alamat Lengkap

Dusun Cibunar RT 03 RW 04 Desa Cibunar

Nomor Handphone

081220221969

Email

esden.cibunar@gmail.com

Web Site

SD Negeri Cibunar


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di Dusun Cibunar Desa Cibunar

SD Negeri Cibunar merupakan sebuah sekolah jenjang pendidikan dasar yang berlokasi di Dusun Cibunar Desa Cibunar. Pada awalnya SD Negeri Cibunar didirikan sebagai SD Imbas di Gugus Sekolah II Rancakalong pada tahun 1954.

Secara geografis, letak SD Negeri Cibunar cukup strategis karena berada di lingkungan terminal Kecamatan Rancakalong serta cukup berdekatan dengan pusat pemerintahan dan pusat perekonomian di Kecamatan Rancakalong. Hal ini sangat memudahkan dalam mengakses lokasi SD Negeri Cibunar. Namun demikian, lokasi SD Negeri Cibunar terjepit oleh keberadaan tiga Sekolah Dasar yang lain yang letaknya berdekatan, yaitu SD Negeri Rancakalong, SD Negeri Sirnaluyu, dan SD Negeri Cupuwangi. Hal ini menyebabkan siswa yang bersekolah ke SD Negeri Cibunar sangat sedikit. Siswa tiap kelasnya berada pada kisaran sepuluh orang.

Untuk tenaga pendidiknya sendiri, di SD Negeri Cibunar terdiri atas satu orang Kepala Sekolah (PNS), lima orang Guru Kelas (PNS), seorang Guru PJOK (PNS), tiga orang Sukwan, dan seorang Penjaga Sekolah (PNS). Sementara fasilitas yang dimiliki SD Negeri Cibunar sudah lengkap untuk melakukan kegiatan belajar mengajar seperti ruang Guru & Kepala Sekolah, ruang UKS, enam ruang kelas, gedung perpustakaan, dua buah lapang Tenis Meja, lapangan bola voley merangkap lapangan upacara, dua tempat WC/KM siswa & satu Kamar Mandi, Dapur dan Gudang. Kemudian ada juga perangkat kesenian seperti gambelan degung dan seni Reog. Ditambah juga dengan adanya Mesin jahit dan dua unit Laptop serta sebuah PC.

Walaupun jumlah muridnya termasuk paling sedikit jika dibandingkan dengan sekolah lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Rancakalong, namun tidak memudarkan semangar kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Cibunar ini. Malahan berbagai prestasi telah diraih oleh SD Negeri Cibunar ini, baik prestasi berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar maupun bidang lainnya. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh SD Negeri Cibunar di tingkat Kecamatan Rancakalong adalah Juara 2 Lomba Pantomim Putri 2014, Juara 3 Pupuh Putri 2014 dan Juara 3 Cerita Bergambar 2014. Untuk tahun 2015, prestasi yang diraihnya adalah Juara 2 Pasanggiri Pupuh Putri, Juara 3 Baca Tulis Aksara Sunda Putri, Juara Harapan 2 Baca Tulis Aksara Sunda Putra.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di kelas, siswa SD Negeri Cibunar juga bisa mengikuti kegiatan di luar kelas berupa kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh SD Negeri Cibunar adalah Kepramukaan, Olahraga (Bola Voli, Tenis Meja dan Catur), Keagamaan (Baca & Tulis Al Qur;an, Kaligrafi dll), Kesenian (Seni Rupa, Seni Musik, Karawitan, Seni Tari Daerah) dan UKS (Unit Kesehatan Sekolah).

(Sumber: SD Negeri Cibunar)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 12 Juni 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang