Logo SD Ar Rafi' Bina Harapan Sumedang

SD Ar Rafi' Bina Harapan Sumedang

SD

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berada di pinggir jalan raya
  2. Dilewati Angkutan umum seperti Bus Wado - Jakarta dan Wado - Cikarang
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Bina Harapan Sumedang

Berdiri

2015

Alamat Lengkap

Jl. Prabu Tadjimalela No. 68 Kelurahan Kota Kaler Sumedang

Nomor Telepon

0261-206868

Nomor Handphone

082216676868

Pin BB

5559C09D

Email

sdarrafi@bhs.or.id

Web Site

SD Ar Rafi' BHS

Akun Twitter

@SDARRAFIBHS

Page Facebook

SD Ar Rafi' Bina Harapan Sumedang

Akun Google+

SD Ar Rafi' Bina Harapan Sumedang


Lokasi

SD Ar Rafi' Bina Harapan Sumedang atau disebut juga SD Ar Rafi' BHS merupakan sebuah lembaga penyelenggara pendidikan jenjang sekolah dasar yang berlokasi di daerah Dano Sumedang. Dalam menyelenggarakan pendidikannya, SD Ar Rafi' BHS ini memiliki orientasi pada kecakapan mempelajari, kecakapan personal, kecakapan sosial serta pengembangan inovasi dan kreativitas melalui proses belajar mandiri dgn pola tematis, berbasis teknologi informatika dan komunikasi dan mengedepankan penguasaan kunci IPTEK yang berintikan nilai-nilai Islam.

Sebagaimana lembaga pendidikan dasar lainnya, SD Ar Rafi' BHS menyelenggarakan pendidikan dasar selama enam tahun. Namun di samping program reguler enam tahun, SD Ar Rafi' BHS juga menyelenggarakan pendidikan dasar program akselerasi. Program akselerasi merupakan program pendidikan dasar enam tahun yang dapat diselesaikan selama lima tahun. Tentunya dengan program yang berbeda, yaitu dengan program fulldays serta enrichment.

Strategi pembelajaran SD Ar Rafi' BHS menggunakan konsep mastery learning (belajar tuntas) dan  accelerated learning (akselerasi pembelajaran). Dan dalam persiapan menuju Sekolah Berbasis Internasional (SBI) proses pembelajaran yang diselenggarakannya melalui pembelajaran bilingual berbasis ICT (Information and Communication Technology) yang mencerdaskan, berkarakter dan be-rakhlakul karimah.

Pola penyelenggaraan pendidikan yang digunakan oleh SD Ar Rafi' BHS dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama untuk tahun ke-1 dan tahun ke-2 pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan tematis (Holistic Integrated Curriculum). Setiap kelas terdiri dari 24 s.d. 26 Peserta Didik. Kemudian tahap keduanya untuk tahun ke-3 s.d. tahun ke-6 pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan tematis mata pelajaran (Tematic Subject Matter) yang difasilitasi oleh guru bidang studi yang profesional.

Kegiatan pembelajaran yang ditonjolkan SD Ar Rafi' BHS adalah berkaitan dengan penguasaan proses berpikir ilmiah (scientific method) dengan pendekatan self learning, self exploration dan self evaluation, penguasaan konsep-konsep kunci IPTEK yang berintikan nilai-nilai Islam serta kemampuan mengaplikasikan konsep kunci IPTEK dalam menyelesaikan masalah di dalam kehidupan sehari-hari dengan akhlak mulia.

Berkaitan dengan waktu pembelajaran, SD Ar Rafi' BHS menerapkan waktu belajar lima hari dalam satu minggu, dari hari Senin sampai hari Jum'at. Hari sabtu digunakan untuk remedial bagi siswa yang belum memutuskan pembelajarannya. Jum'at siang digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Jam belajarnya untuk siswa tahun ke-1 dan tahun ke-2 mulai pukul 07.30 s.d. 14.15, sementara untuk siswa tahun ke-3 s.d. ke-6 waktu belajar mulai pukul 07.30 s.d. 15.35.

Berbagai fasilitas penunjang tersedia di SD Ar Rafi' BHS ini seperti ruang belajar ber-AC dan dilengkapi dengan LCD projector serta setiap ruang belajar memiliki toilet tersendiri, ruang Audio Visual, laboratorium Multimedia (Bahasa & Komputer), laboratorium IPA, perpustakaan, ruang pertemuan dan rapat, masjid, ruang UKS, lapangan olah raga, kantin sekolah, ruang psikologi, Wi-Fi hotspot ditambah armada antar jemput peserta didik.

Selain kegiatan intrakurikuler, SD Ar Rafi' BHS juga menyelenggarakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler seperti Tahfidz, Da'arul Qur’an, Gamelan, English Club, Seni Tari, Futsal, Drum Band, Karate, Arab Club, Pramuka dan Kreatifpena.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 30 Juli 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang