Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Saung Mimitran

Berdiri

2009

Alamat Lengkap

Dusun Nanggewer Rt. 04/05 Desa Padasuka

Email

saungmimitran@hotmail.com

Web Site

Saung Mimitran

Akun Twitter

@SaungMimitran

Akun Facebook

Saung Mimitran

Page Facebook

SAMI (Saung Mimitran)


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Sebuah lembaga usaha yang bergerak dalam produksi dan pemasaran kerajinan tangan terutama rajutan. Lembaga ini membawahi para pengrajin yang memproduksi khususnya sepatu rajut. Produk sepatu rajut yang dihasilkannya cocok untuk tren masa kini: cantik, modis, gaya, berkualitas dan berkelas.

Awal perkembangannya, lembaga yang memiliki nama lengkap Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Saung Mimitran ini digagas oleh Ibu Hj. Odah. Beliau merupakan Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PPP. Pada tahun 2009, beliau bertemu dengan pasangan suami-istri Yunizar dan Ny. Luciana. Keduanya memiliki kemampuan merajut dan pelatihan. Setelah saling mendalami, hingga akhirnya dibangun komitmen untuk mendirikan semacam lembaga pemberyaan ekonomi masyarakat.

Lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat yang diberi nama SAMI Collection ini, diputuskan untuk memproduksi sepatu rajutan dan makram (tas). Digerakan secara bertahap, pada tahun pertama masih melakukan uji coba. Baru pada tahun kedua dilakukan pematangan hingga pelatihan-pelatihan. Pada awalnya, produk sepatu rajutan ini kurang menarik minat bagi ibu-ibu rumah tangga sebagai lahan usaha. Begitu juga dalam proses pemasarannya, diperlukan keuletan dan kesabaran sehingga produk yang dihasilkannya bisa diterima masyarakat.

Baru pada tahun 2011, sepatu rajut produksi SAMI Collection ini mulai dikenal dan diterima masyarakat. Dan mulai mengalir berbagai pesanan. Kewalahan mendapat dengan aliran pesanan, akhirnya dibukalah pelatihan rajutan dan pembuatan makram di Rancakalong dan Cimalaka. Sehingga SAMI Collection memiliki sekitar 50 tenaga terampil di tiga cabang.

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, pihak SAMI Collection terus meningkatkan kualitas produk maupun upaya inovasi gaya sepatu. Dilakukan pengawasan mutu yang selektif supaya menghasilkan sepatu rajut yang memiliki karakter yang khas dan elegan.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 06 Juli 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang