Logo Saung Jalitri Cisoka

Saung Jalitri Cisoka

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  2. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

2020

Alamat Lengkap

Perkebunan Teh Margawindu Kampung Cisoka Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan

Nomor Handphone

0856-2420-7876

Akun Facebook

Saung Jalitri


Lokasi

Saung Jalitri Cisoka merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di kawasan Perkebunan Teh Margawindu Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kampung Cisoka, sekitar 100 meter ke arah timur. Atau jika menggunakan akses dari pusat Kota Sumedang, lokasinya setelah Kampung Cisoka ke arah Kampung Cibubut.

Wisata Saung Jalitri Cisoka ini mengandalkan pemandangan alam berupa hamparan perkebunan teh. Kawasan perkebunan teh di Saung Jalitri ini disulap menjadi sebuah lokasi wisata untuk berselfie ria. Di sela-sela pepohonan teh, dibangun berbagai wahana yang bisa digunakan untuk memotret diri sendiri (selfie) atau bersama teman-teman (wefie). Dengan berlatarkan hamparan perkebunan teh ini, tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang sengaja datang bukan hanya dari warga Sumedang saja, namun juga dari luar wilayah Sumedang.

Selain berselfie ria, pengunjung juga bisa menggunakan berbagai saung lesehan untuk berkumpul bersama keluarga. Berkumpul bersama sambil makan-makan, baik bawa perbekalan sendiri atau memesan makanan yang disediakan oleh pengelola. Jika tidak membawa perbekalan sendiri, pengunjung bisa memesan makanan berupa nasi liwet beserta lauk pauknya seperti asin dan lalaban yang biasanya tersedia di hari Senin sampai dengan Jumat, atau liwet beserta lauk ayam yang biasanya tersedia di hari Sabtu dan Ahad. Pengunjung yang ingin berkumpul bersama keluarga bisa menggunakan saung-saung lesehan yang tersedia seperti Saung Awi atau Saung Injuk. Untuk makanan berupa cemilan, di Saung Jalitri juga tersedia jajanan warung yang berada di pintu masuk ke lokasi wisata ini.

Pengunjung yang ini memasuki wisata Saung Jalitri Cisoka ini hanya ditarif masuk sebesar Rp 5.000 saja. Itu harga tiket untuk orang dewasa, sementara untuk anak-anak cukup RP 2.500 saja. Pengunjung Saung Jalitri Cisoka ini akan disuguhken berbagai wahana yang bisa digunakan untuk memotret sendiri. Wahana yang ada di lokasi wisata ini diantaranya adalah Menara Cisoka, Menara Bintang, Menara Bunga, Menara Kincir Angin, Menara Kupu-kupu, Sayap Burung, Wahana Perahu, Wahana Pesawat Helikopter, Wahana Sarang Burung, Wahana Bulan Sabit serta ayunan.

Saung Jalitri Cisoka ini, sebagaimana wisata lainnya yang berlokasi di kawasan Perkebunan Teh Margawindu, mulai dibuka sekitar pertengahan tahun 2020. Dimana di wilayah Kabupaten Sumedang mulai diberlakukannya Adaptasi Kebiasaan Baru di masa Pandemi Covid-19. Banyak warga masyarakat khususnya warga Kabupaten Sumedang yang memanfaatkan momentum ini untuk menghilangkan kejenuhan karena di rumah terus selama PSBB. Tidak mengherankan jika jumlah kunjungan wisata pada waktu itu langsung melesat. Sampai-sampai akhir pekan jalan menuju ke Kampung Cisoka selalu padat dan nyaris susah masuk.

Selain fasilitas yang ada seperti Wahana Selfie dan Saung Lesehan, di Saung Jalitri Cisoka juga tersedia fasilitas lainnya yang akan memanjakan pengunjungnya seperti fasilitas karaoke. Kemudian fasilitas penunjang lainnya seperti lahan parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat, toilet dan mushola. Wisata Saung Jalitri Cisoka buka tiap hari, mulai pukul 07.00 di pagi hari sampai dengan pukul 17.30 di sore hari.

Bagi warga masyarakat Sumedang khususnya, jika ingin berlibur sambil menikmati indahnya pemandangan hamparan kebun teh, tidak ada salahnya jika berkunjung ke wisata Saung Jalitri Cisoka ini.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 15 Desember 2020

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang