Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Sukamaju Rt. 03/01 Desa Tarikolot Kecamatan Jatinunggal

Nomor Telepon

0262-428511

Nomor Handphone

081322402684

Akun Facebook

Sanggar Seni Gema Binangkit


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di dekat pusat Kecamatan Jatinunggal di Dusun Sukamaju Desa Tarikolot

Sanggar Seni Gema Binangkit merupakan sebuah sanggar seni yang berlokasi di Dusun Sukamaju Desa Tarikolot Kecamatan Jatinunggal. Sanggar Seni ini bergerak dalam rangka membangkitkan kembali seni tradisi yang mulai ditinggalkan masyarakat. Harapannya masyarakat bisa mencintai kembali seni leluhurnya sekaligus secara aktif membantu pemerintah dalam rangka mewujudkan program Sumedang Puser Budaya Sunda(SPBS).

Pendirian Sanggar Seni Gema Binangkit tidak bisa dilepaskan dari peranan Forum Kesenian Jatinunggal. Forum ini berisi sejumlah seniman dan budaya Jatinunggal yang memiliki kepedulian yang tinggi pada seni dan budaya khususnya yang berkembang di wilayah Jatinunggal. Berbagai jenis seni tradisional yang hampir punah dihidupkan kembali, seperti seni Beluk, Reak, Dog-dog, Wayang Golek dan seni tradisional lainnya.

Berbagai kegiatan telah dilakukan dan diikuti oleh Sanggar Seni Gema Binangkit ini. Begitu juga dengan prestasi yang diraihnya selama ini. Salah satunya adalah pada tahun 2009, Sanggar Seni Gema Binangkit meraih juara dua dalam kegiatan Kemilau Nusantara yang digelar di kota Bandung. Kemudian pada tahun 2010, Sanggar Seni Gema Binangkit meraih gelar Performa Terbaik dalam kegiatan Seren Taun Sumedang.

Dengan berbagai prestasi yang diraihnya serta potensi yang dimiliki serta kepedulian terhadap seni budaya, tidak mengherankan jika Sanggar Seni Gema Binangkit terpilih sebagai salah satu penerima bantuan dari pemerintah. Pada tahun 2010, Sanggar Seni Gema Binangkit mendapatkan bantuan dana dari Gubernur Jawa Barat bersama 15 sanggar lainnya yang berada di Jawa Barat. Bantuan ini dipergunakan untuk pembangunan fisik, pengadaan alat penunjang kesenian berupa perangkat gamelan salendro serta perancangannya. Kemudian pada tahun 2014 Sanggar Seni Gema Binangkit menjadi salah satu sanggar yang mendapatkan bantuan sosial komunitas budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dengan adanya bantuan dari pemerintah ini harapannya, ke depan seni tradisi Sunda akan bangkit kembali khususnya yang digarap oleh Sanggar Seni Gema Binangkit.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk Sumedang Online)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 08 Juni 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang