Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Yayasan Swandragogia

Berdiri

22 Oktober 2014

Alamat Lengkap

Kampung Sumur Dusun Batu Karut Desa Cibeureum Wetan Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang

Nomor Handphone

089655707534

Web Site

Rumah Pintar Al-Barokah

Akun Google+

rumpin albarokah


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Menggunakan semua Angkutan Umum yang melewati jalan raya Cibeureum seperti Angkutan Umum Perkotaan 01 dan 02 serta Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Buahdua. Turun di perempatan Batu Karut. Kemudian masuk ke arah Batu Karut

Rumah Pintar Al-Barokah didirikan atas prakarsa sejumlah akademisi dan praktisi pendidikan untuk membantu terwujudnya masyarakat belajar dan terdidik di sekitar kediaman bu Een khususnya, di Kabupaten Sumedang pada umumnya. Melalui Yayasan Swandragogia sebagai lembaga yang selama ini fokus pada isu-isu pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, gagasan Rumah Pintar Al-Barokah diwujudkan. Embrio Rumah Pintar Al-Barokah berawal dari layanan pendidikan masyarakat yang dilakukan oleh Ibu Dra. Een Sukaesih, yang memproleh penghargaan SCTV Award kategori Special Awards bidang Pendidikan, Pengabdian Masyarakat dan Kemanusiaan.

Tidak lama setelah memperoleh penghargaan, bu Een sempat menyampaikan keinginan besarnya untuk memiliki fasilitas memadai yang dapat digunakan untuk belajar anak-anak dan masyarakat binaan di sekitarnya. Keinginan beliau kemudian difasilitasi oleh Yayasan Swandragogia untuk dihubungan dengan Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), lembaga yang selama ini punya komitmen dengan program Indonesia pintar. Selanjutnya Yayasan Swandragogia merancang sejumlah program yang dituangkan dalam proposal Rumah Pintar, sampai akhirnya direspons secara positif dan disetujui pihak SIKIB.

Agar kualitas program lebih terjamin, Yayasan Swandragogia menggandeng Jurusan dan Laboratorium Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai pendamping. Sedangkan perancangan bangunan dan proses pembangunan Rumah Pintar, Yayasan bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Teknik Arsitektur Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia.

Rumah Pintar Al-Barokah, telah mengembangkan berbagai program diantaranya adalah Sentra Baca, Sentra Panggung, Sentra Kriya, Sentra Bermain, dan Sentra Komputer. Pada tahap rintisan, program yang telah dijalankan diantaranya PUSKEBMAS (Pusat Kegiatan Baca Masyarakat) yang diakses oleh para pelajar, remaja, dan masyarakat lainnya. Anak usia dini pun telah difasilitasi dengan melaksanakan kegiatan mengenal warna, kegiatan bernyanyi, bercerita, dan kegiatan simulasi bermain. Anak usia sekolah dan remaja dilayani dalam kegiatan paduan suara dan tari. Di bidang IT, masyarakat usia sekolah dan remaja difasilitasi melalui kegiatan pengenalan komputer, pengenalan program dan pengenalan jaringan. Dalam skala rintisan, produksi bahan-bahan lokal, ibu-ibu rumah tangga melakukan kegiatan melalui Sentra Kriya dalam bentuk pembuatan makanan olahan Dodol Tomat, kegiatan pembuatan Dendeng Ikan, dan kegiatan pembuatan minuman Sari Buah Naga.

Pengembangan selanjutnya, pengelola Rumah Pintar Al-Barokah di bawah dampingan Lab. PLS FIP UPI merancang Konsep Rumah Pintar Model Satelit, dimana rumah pintar diposisikan sebagai Home Base (pusat) dari berbagai kegiatan. Adapun pelaksanaan programnya dapat diselenggarakan, tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang melalui jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga yang relevan dalam kerangka membangun masyarakat belajar di Kabupaten Sumedang pada khususnya, di Jawa Barat pada umumnya.

(Sumber: Rumah Pintar Al-Barokah)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 29 Oktober 2014

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang