Sekilas Kontak

Berdiri

2012

Alamat Lengkap

Jalan 11 April Km. 7, Gang M. Yusuf RT. 02 RW. 05 No 18, Desa Ganeas, Kecamatan Ganeas

Nomor Handphone

085719125789

Email

rumah.imperium@gmail.com

Web Site

Rumah Imperium

Akun Twitter

@rumahimperium

Akun Facebook

Rumah Imperium


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Angkutan Umum Sumedang - Darmawaja/Wado. Turun di Ganeas

Pada pertengahan tahun 2012, di seberang sebuah kali di Desa Ganeas, ada sebuah rumah kuno yang sudah didirikan sejak tahun 1930-an. Rumah itu kini disulap menjadi ruang bagi para pemuda di Sumedang untuk bisa meningkatkan kapasitas mereka dalam bidang kepemimpinan.

Rumah Imperium didirikan oleh Hj. Suprapti Syamsuddin, S.H., H. Undang Hidayat, S.H., M. Reza S. Zaki, S.H. M.A, dan Gresika Bunga Sylvana, S.E. Rumah ini memiliki makna sebagai rumah kebangkitan untuk memberdayakan masyarakat di Kabupaten Sumedang, khususnya generasi muda. Di samping manifesto tersebut, ada juga cita-cita agar para alumni Rumah Imperium dapat lahir menjadi Negarawan yang agamis, nasionalis, dan internasionalis.

Terdapat 3 buah program yang dimiliki oleh Rumah Imperium yakni Sekolah Negarawan, Sekolah Tani dan Gerakan LingkunganKu Menghafal.

Gerakan LingkunganKU Menghafal adalah sebuah gerakan yang diinisiasi dari lingkungan sekitar untuk mulai melukiskan ayat Al-Qur'an di hati dan pikiran. Gerakan ini akan menyaring pelajar dan mahasiswa terbaik Se-Kabupaten Sumedang untuk mengikuti program Tahsin dan Tahfidz Al-Quran yang akan dipimpin oleh Ustadz Eman Sulaiman, S.Q. Al Hafizh (Imam Mesjid Agung Sumedang). Pelajar dan Mahasiswa yang terpilih sebanyak 40 Orang. Mereka akan mengikuti program untuk menghafal Al-Qur?an selama 2 Tahun. Setiap bulannya peserta akan dievaluasi melalui buku monitoring dan wawancara langsung untuk melihat hasil pembinaan. Setelah peserta melalui masa pembinaan selama 2 tahun, selanjutnya peserta akan mendapatkan pendidikan menjadi Pengajar Tahfidz Al-Quran selama 7 bulan.

Program Sekolah Negarawan adalah sebuah program pembinaan kapasitas kepemimpinan kepada generasi muda di Kabupaten Sumedang. Program ini akan menyaring pelajar SMA/SMK/MAN dan mahasiswa terbaik Se-Kabupaten Sumedang. Peserta yang terpilih sebanyak 30 orang dan akan dibina secara khusus dan intensif selama 1 (Satu) tahun.

Sekolah Tani adalah program pelatihan kepada para petani agar dapat menghasilkan produk pangan yang memiliki nilai ekonomis dan mampu mendorong produktifitas para petani dalam memenuhi kebutuhan pangan di Kabupaten Sumedang. Target dalam program sekolah tani juga menjaring generasi muda yang memiliki ketertarikan pada pengembangan pertanian untuk dapat bersama-sama membangun dan mengembangkan nilai ekonomis hasil pertanian. 60% PDB Ekonomi Sumedang ditopang oleh sektor pertanian, sementara 40% oleh sektor perdagangan. Oleh karena itu, akan maksimal jika kedua sektor itu disinergikan agar keunggulan ekonomi dalam aktifitas pertanian dapat diwujudkan. Peserta yang terpilih sebanyak 20 orang dari berbagai Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan). Peserta akan menjalani masa pembinaan selama 1 (satu) pekan untuk mendapatkan pengalaman teori dan praktik untuk menjalankan konsep pertanian yang lebih bernilai tambah.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 Oktober 2014

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang