Logo Rengganis Valley

Rengganis Valley

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di kawasan perkebunan Teh Margawindu
  2. Dekat dengan Kampung Cisoka Desa Citengah
  3. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  4. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

2020

Alamat Lengkap

Perkebunan Teh Margawindu Kampung Cisoka Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan

Nomor Handphone

0852-2157-4321

Akun Facebook

Rengganis Valley


Lokasi

Salah satu lokasi wisata yang dikembangkan di perkebunan teh Margawindu Kampung Cisoka adalah Rengganis Valley. Lokasi wisata ini sangat berdekatan dengan lokasi Kampung Cisoka. Sekitar 100 meter sebelah timur (atau setelah) Kampung Cisoka, dan sebelah selatan jalan raya.

Sebagaimana wisata lainnya yang berada di kawasan perkebunan teh Margawindu, Rengganis Valley juga mulai ramai sekitar pertengahan tahun 2020. Dan sebagaimana juga lokasi wisata yang berada di kawasan perkebunan teh ini, Rengganis Valley juga mengandalkan indahnya hamparan perkebunan teh yang didalamnya dibangun beberapa buah bangunan berupa saung-saung lesehan atau gazeebo. Ditambah dengan beberapa lokasi spot selfie yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berfoto ria.

Kawasan wisata Rengganis Valley ini lebih banyak diisi dengan bangunan saung lesehan atau gazeebo yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Bagi pengunjung yang membawa perbekalan, bisa menyantap perbekalannya bersama-sama di saung lesehan tersebut. Saung lesehan yang tersedia di Rengganis Valley ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Saung lesehan berukuran lebih kecil berlokasi di kemiringan lereng perkebunan bisa memuat pengunjung sekitar lima orang lebih, sementara saung lesehan yang berada di bawah bisa memuat lebih banyak lagi pengunjung dengan kapasitas lebih dari 10 orang.

Untuk pengunjung yang menyukai kegiatan fotografi, bisa menggunakan beberapa spot selfie yang tersedia di sini. Ada jembatan bambu yang yang menghubungkan pelataran saung lesehan dengan pohon yang tumbuh di perkebunan teh, dengan penanda tulisan huruf besar, SAKURA. Satu lagi berupa menara (saung yang cukup tinggi) dengan dinding bergambar lambang Love, bisa digunakan juga untuk berselfie ria. Lokasi lainnya berupa menara sayap kupu-kupu dan sayap burung. Atau jika pengunjung yang ingin berselfie ria tapi tidak mau berpatokan dengan spot-nya, bisa menggunakan hamparan kebun teh sebagai lokasi selfie-nya. Pengunjung bisa memilih lokasi yang cocok untuk selfie, termasuk juga di lokasi yang terdapat tulisan penanda lokasi, RENGGANIS. Untuk anak-anak, ada juga permainan ayunan yang berlokasi di dekat saung lesehan. Ayunan ini bisa juga dipakai oleh orang tua.

Sebagian bangunan yang dibangun di Rengganis Valley sengaja dibangun di atas tumbuhan kebun teh, sehingga tidak terlalu mengganggu tumbuhan tehnya. 

Bagi pengunjung yang tidak membawa perbekalan, namun ingin makan bersama di lokasi Rengganis Valley, bisa memesan paket makanan yang disediakan oleh pengelola. Paket makanan yang bisa dipesan diantaranya adalah paket liwet dan paket timbel, dengan lauk pauknya seperti ikan nila bakar atau ikan nila goreng, ayam goreng atau ayam bakar, ayam bakakak, dilengkapi dengan sambal dan lalapan serta tahu/tempe. Makanan lainnya seperti Mie Rebus juga tersedia. Kemudian minumannya ada Kopi, Teh Manis Hangat dan Es Teh Manis.

Untuk mencapai lokasi utama berupa saung lesehan, pengunjung harus menuruni anak tangga dari jalan raya ke bawah. Jarak dari jalan raya lebih kurang 20 meter. Pengunjung yang ingin memasuki kawasan Rengganis Valley, harus membayar tiket masuk dengan tarif sebesar Rp 5.000 saja. Fasilitas yang tersedia di sini, selain ada saung lesehan dan spot selfie, juga ada fasilitas toilte dan mushola. Wisata Rengganis Valley ini buka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 22 Desember 2020

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang