Logo Puncak Sokawana (Sokawana Camp)

Puncak Sokawana (Sokawana Camp)

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggiran kebun teh Margawindu
  2. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

2020

Alamat Lengkap

Perkebunan Teh Margawindu Kampung Cisoka Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan

Nomor Handphone

0857-9561-9622

Email

puncaksokawana20@gmail.com

Akun Facebook

Puncak Sokawana

Page Facebook

puncaksokawana


Lokasi

Puncak Sokawana merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di kawasan perkebunan teh Margawindu Desa Citengah Kabupaten Sumedang. Puncak Sokawana berlokasi di ketinggian perbukitan pinggiran perkebunan teh Margawindu yang tidak terlalu jauh dari Kampung Cisoka Desa Citengah. Jaraknya sekitar 400 meter sebelah timur Kampung Cisoka.

Wisata Puncak Sokawana ini mulai bergeliat berbarengan dengan kemunculan berbagai lokasi wisata yang ada di perkebunan teh Margawindu. Dengan berakhirnya masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilanjutkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sektor wisata di Kabupaten Sumedang mulai bergeliat baik lokasi wisata yang sudah eksis maupun lokasi wisata yang baru. Salah satu tempat yang banyak memunculkan lokasi wisata yang baru adalah kawasan perkebunan teh Margawindu di Desa Citengah. Kemunculan lokasi wisata ini menarik minat banyak pengunjung wisata khususnya bagi penduduk Kabupaten Sumedang.

Pengunjung lokasi wisata kebun teh Margawindu ini tidak hanya berlangsung di siang hari saja, namun juga ada pengunjung yang sengaja menginap di malam hari di kawasan perkebunan teh. Pada awalnya, lokasi yang ramai digunakan sebagai lokasi berkemah ini adalah di kawasan hutan lindung di pinggiran perkebunan teh. Melihat potensi wisata berkemah ini, beberapa penggarap perkebunan teh menyulap lahan garapannya menjadi lokasi wisata berkemah. Salah satunya adalah di kawasan pinggiran perkebunan teh sebelah utara Kampung Cisoka yang dikenal dengan nama Puncak Sokawana. Kawasan yang menyediakan lokasi wisata berkemah ini dikenal juga dengan nama Sokawana Camp.

Dalam pengelolaannya, Puncak Sokawana ini merupakan hasil kerja sama antara pihak penggarap dengan Karang Taruna Kecamatan Sumedang Selatan. Penataan kawasan Puncak Sokawanapun dilakukan agar semakin bisa memanjakan pengunjungnya. Selain itu juga, pengelola menyediakan berbagai perlengkapan berkemah atau kempping bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan.

Selain menyajikan tempat berkemah, Puncak Sokawana juga menyajikan pemandangan alam yang indah. Dari lokasi berkemah, pengunjung bisa memandang hijaunya dedaunan pohon teh yang menghampar ke arah bawah termasuk perkampungan di tengah perkebunan teh, Kampung Cisoka. Sehingga Puncak Sokawana sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman. Menikmati segarnya udara di alam bebas yang jauh dari polusi udara.

Pengunjung yang berkemah di sini tidak perlu takut dengan fasilitas pendukungnya. Karena di Puncak Sokawana sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang yang memadai seperti toilet untuk laki-laki dan perempuan termasuk juga bagi yang membawa kendaraan khususnya kendaraan roda dua, tersedia fasilitas lahan parkir. Sumber air juga tidak terlalu jauh dari lokasi berkemah termasuk penerangan listrik juga tersedia. Bagi yang tidak membawa perlengkapan berkemah, pengelola juga menyediakan penyewaan peralatan berkemah seperti tenda. Tersedia juga kayu bakar yang dijual per ikat.

Bagi yang memerlukan makanan, pengunjung juga bisa memesan kepada pengelola tentunya sebagian ada yang harus pesan dulu sebelumnya. Menu makanan yang tersedia diantaranya adalah Paket Liwet dengan lauk pauknya berupa asin, sambal, tahu dan tempe, atau Paket Liwet dengan Ayam/Ikan serta sambal, tahu dan tempe. Tersedia juga Nasi Goreng, Indomie Tektek dan Teh Panas Cisoka dalam teko.

Untuk memasuki kawasan Puncak Sokawana atau berkemah, biaya yang harus ditebus oleh pengunjung terbilang murah, hanya Rp 10.000 per orang. Untuk penyewaan tenda tersedia dengan harga Rp 35.000 untuk tenda dome berkapasitas empat orang atau Rp 25.000 untuk dua orang.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 29 Desember 2020

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang