Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang

Berdiri

22 Maret 1988

Alamat Lengkap

Jalan Raya Sumedang-Cirebon Km. 4,5 Cimalaka Sumedang

Nomor Telepon

0261-202627

Nomor Handphone

081214265214

Email

info@pdamsumedang.com

Web Site

PDAM Sumedang

Akun Facebook

Pdam Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi tidak terlalu jauh dari jalan raya Sumedang - Cirebon, di Desa Serang Kecamatan Cimalaka
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan 01 dan 02 dan Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Citimun. Turun di dekat SPBU Serang. Dilanjut jalan kaki sekitar 150 meter

PDAM Sumedang atau Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Medal Sumedang merupakan sebuah perusahaan daerah yang bergerak dalam pengelolaan, produksi dan penyaluran air minum kepada masyarakat yang menjadi pelanggannya. PDAM Tirta Medal Sumedang memanfaatkan mata air yang terletak di Cipanteneun sebagai sumber airnya.

Berdasarkan sejarahnya, PDAM Tirta Medal Sumedang merupakan perusahaan yang dikembangkan dan berasal dari Badan Pengelola Air Minum (BPAM). BPAM dibentuk seiring dengan beroperasinya Sistem Pelayanan Air Bersih Kota Sumedang pada tahun 1979 yang didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No. 16/KPTS/CK/III/1979 tertanggal 05 Maret 1979. Pada awalnya, sistem pelayanan air bersih ini memiliki jumlah sambungan langganan sebanyak 578 SR (Sambungan Rumah) dan 14 KU (Kran Umum). Sumber air bakunya dengan memanfaatkan sumber mata air Cipanteuneun yang terletak di Desa Licin Kecamatan Cimalaka dengan debit air lebih dari 50 liter per detik.

Pada tahun 1985, tepatnya pada tanggal 20 Maret 1985, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mengeluarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang No. 6 tahun 1985 tentang Pembentukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Daerah Tingkat II Sumedang. Peraturan Daerah ini ditindaklanjuti dengan mengubah BPAM menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Perubahan status ini dilakukan pada tanggal 22 Maret 1988 dengan ditandatanganinya Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Prasarana dan Sarana Penyediaan Air Bersih di Kabupaten Daerah Tingkat II Sumedang, Propinsi Jawa Barat Nomor: 690/1730-Pemda/1988.

Perkembangan selanjutnya, PDAM Tirtal Medal Sumedang tidak hanya mengelola dan menyalurkan air minum di daerah kota Sumedang saja. Namun kemudian membuka beberapa cabang dan unit pelayanan di berbagai wilayah yang berada di Kabupaten Sumedang, seperti di Tanjungsari, Jatinangor, Situraja, Cisitu, Wado, Paseh, Tomo dan wilayah lainnya. Kantor pusat PDAM Tirta Medal Sumedang beralamat di Jalan Raya Sumedang-Cirebon Km. 4,5 Cimalaka Sumedang.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk PDAM Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 Januari 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang