Sekilas Kontak

Berdiri

1996

Alamat Lengkap

Pertigaan Samoja, Jalan Raya Bandung - Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya Bandung - Sumedang

Kuda renggong merupakan salah satu kesenian yang menjadi khas Sumedang. Kesenian ini sudah memasyarakat sebagai sarana hiburan atraksi dan sarana memeriahkan atau mengisi acara hajatan. Hajatan terutaram sunatan biasa menggunakan seni kuda renggong ini untuk mengisinya. Sebagai kesenian khas Sumedang, sudah sepatutnya jika ada penanda atau simbol eksistensi bahwa kuda renggong merupakan seni khas Sumedang.

Penanda tersebut adalah patung kuda renggong. Patung kuda renggong terletak di daerah Samoja Kelurahan Pasanggrahan. Posisinya di pinggir jalan raya sebelum masuk ke wilayah kota Sumedang dari arah barat (Bandung). Tepatnya di pertigaan Samoja sebelah kanan jalan raya. Sehingga bagi yang mau mengunjungi kota Sumedang dari arah Bandung akan melewati patung ini.

Patung kuda renggong ini dibuat menggunakan komponen campuran tanah dan semen. Patung ini dibangun pada tahun 1996 dan telah menjadi simbol daerah pertigaan Samoja. Bentuk patungnya sendiri berupa kuda yang sedang mengangkat kedua kaki depannya di hadapan seorang pawangnya. Patung ini menunjukkan kuda renggong yang sedang melakukan atraksi kuda silat. Atraksi kuda silat biasa ditampilkan oleh kuda renggong yang sudah terlatih dengan jurus-jurus yang diajarkan pawangnya. Yang menjadi lawannya adalah pawangnya sendiri yang juga pelatihnya.

(Sumber: Kabar Priangan)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 23 Juni 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang