Logo Opak Oded

Opak Oded

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya Legok - Conggeang
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

H. Dudang Adihana, S.E.

Berdiri

1996

Alamat Lengkap

Jalan Raya Conggeang No. 282 Rt. 01/01 Desa Conggeang Wetan

Nomor Handphone

0812-1464-522

Akun Facebook

Opak Oded

Akun Google+

Opak Oded


Lokasi

Sebagai pusat produksi opak di Sumedang, wilayah Kecamatan Conggeang memiliki banyak industri opak. Salah satu produsen opak yang sudah terkenal di wilayah Conggeang adalah Opak Oded. Opak Oded bisa disebut perintis dari usaha industri opak di Kecamatan Conggeang. Nama Oded sendiri merupakan singkatan dari 'Opak Dudang Enak Dimakan'.

Opak Oded mulai dirintis oleh Bapak H. Dudang Adihana, S.E. sekitar tahun 1996. Usaha ini berada di Dusun Conggeang RT 01 RW 02 No. 282 Desa Conggeang Wetan Kecamatan Conggeang. Awalnya, H. Dudang Adihana, S.E., hanya membuat usaha kecil-kecilan, dengan memiliki karyawan sebanyak tiga orang. H. Dudang mulai membuat opak dengan rasa yang masih biasa.

Sayang, krisis moneter yang terjadi di pertengahan tahun 1997 membuat usaha ini sempat mengalami penurunan. Atas usaha yang gigih serta kekonsistenan pemiliknya, Opak Oded pun bisa muncul kembali hingga meledak di awal tahun 2000-an. Karena melihat perkembangan yang semakin membaik, H. Dudang mulai memproduksi opak dengan berbagai rasa. Saat ini Opak Oded sudah memiliki delapan rasa. Diantaranya: rasa original, strawberry, ayam bawang, keju, balado, manis gula kawung, terasi, dan rasa ikan. Hal ini bertujuan agar rasa opaknya tidak monoton.

Untuk proses produksi, Opak Oded masih menggunakan cara yang tradisional. Setiap bulannya bisa menghabiskan bahan 60 kwintal beras ketan dan 4 ribu butir kelapa. Modifikasi yang dilakukan hanyalah dalam proses pengeringan sehingga bisa awet dan tahan lebih lama tanpa menggunakan bahan pengawet. Tak heran jika usaha yang digawangi oleh lebih kurang 100 pegawai ini belum berani menerima pesanan dalam jumlah besar.

Untuk pemasarannya, Opak Oded tidak hanya dipasarkan di wilayah Conggeang saja. Namun sudah merambah ke luar daerah, malahan sampai ke luar negeri. Pelanggan Opak Oded tersebar di wilayah Jawa Barat, Jakarta, Semarang, Surabaya, Palembang. Untuk luar negeri sampai ke Korea dan Singapura.

(Sumber: Polocot.Com dan Catatan Titin)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 22 Juni 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang