Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Ny. Euis

Berdiri

1999

Alamat Lengkap

Jalan Cibodas No. 13 Conggeang

Web Site

Opak Nia

Akun Facebook

NiaFood Opak


Lokasi

Sebuah industri rumah tangga yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan khususnya penganan tradisional. Sesuai dengan namanya, industri ini memiliki produk utama bernama opak. Lokasinya di daerah Conggeang. Sehingga semakin menjelaskan bahwa daerah Conggeang sebagai sentra pengolahan makanan tradisional khususnya opak.

Opak merupakan penganan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Untuk warga daerah Conggeang, penganan ini menjadi hidangan yang khas, terutama ketika mengelenggarakan hajatan. Masyarakat biasanya membuat masing-masing untuk memenuhi kebutuhannya sendiri-sendiri. Sehingga ketersediannya biasanya hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Tidak setiap saat tersedia.

Dengan demikian akan mengalami masalah jika tiba-tiba memerlukan penganan opak tersebut, seperti kedatangan tamu atau saudara yang tidak diundang yang tiba-tiba. Berdasarkan pada permasalahan yang timbul ini pada tahun 1999, Ny. Euis mulai memproduksi dan memasarkan opak dengan nama Opak Nia. Yang menjadi sasaran utama saat itu adalah memenuhi kebutuhan warga lokal Conggeang.

Perjalanan waktu menyebabkan meningkatnya permintaan pasar akan opak ini. Sehingga Opak Nia melakukan terobosan dengan membuat beberapa varians dari berbagai rasa. Saat ini pemasarannya sudah menyebar ke berbagai daerah. Bukan hanya di daerah Conggeang dan Sumedang saja, namun sudah ke luar daerah seperti Bekasi, Bandung dan wilayah luar Sumedang lainnya.

(Sumber: Opak Nia)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 Juni 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang