Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  2. Tidak dilewati Angkutan Umum
  3. Berada di kawasan Agroteknobisnis Nangorak (KAS)

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

2017

Alamat Lengkap

Blok Nangorak, Desa Margamekar Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Nomor Telepon

0821-1915-8765

Email

nangorakcamp@gmail.com

Web Site

Nangorak Camp

Akun Twitter

@nangorakcamp

Page Facebook

Nangorak Camp


Lokasi

NangorakCamp merupakan nama untuk sebuah lokasi wisata berkemah (camping ground) yang berada di Kawasan Agroteknobisnis Sumedang (KAS) Nangorak Desa Margamekar Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya berada di ketinggian perbukitan di kawasan Gunung Kareumbi, tepatnya di sebelah timur laut Gunung Kareumbi.

Pemberian nama NangorakCamp disesuaikan dengan lokasinya yaitu berada di blok Nangorak, yang dalam Basa Sunda memiliki arti terlihat dengan jelas. Lahannya sendiri berada di bagian selatan kawasan tanah Pemda yang dikerjasamakan dengan pihak PT Agro Alam Pesona (Agape). Posisinya berada di ketinggian tebing perbukitan dengan elevasi yang bervariasi antara 830 sampai dengan 1.060 meter di atas permukaan laut. Jika dilihat dari pusat kota Sumedang, lokasinya berada di sebelah selatan dengan jarak sekitar delapan kilometer.

Sesuai dengan namanya, NangorakCamp memiliki fungsi utama sebagai lokasi wisata berkemah. Wisata berkemah di ketinggian lereng pegunungan Kareumbi yang menghadap ke arah utara dan berhadapan langsung dengan Gunung Tampomas. Di antaranya terhampar kawasan kota Sumedang dengan berbagai perbukitannya. Sehingga pengunjung NangorakCamp bisa melihat indahnya hamparan kawasan kota Sumedang. Pemandangan atau panorama yang terhampar akan terlihat lebih indah ketika suasana menjelang malam atau menjelang pagi. Tidak mengherankan jika ingin mendapatkan suasana yang indah, pengunjung harus berkemah di sini. Di sore hari, pengunjung bisa melihat suasana terbenamnya matahari di sebelah barat, dan ketika pagi hari pengunjung bisa melihat suasana terbit matahari di sebelah timur. Sementara jika di siang hari, suasana akan terasa panas karena tidak ada pepohonan di lokasi ini.

Bagi yang menyukai berkemah, NangorakCamp bisa menjadi salah satu tujuan yang bagus karena didukung dengan suasana alamnya. Dan selain sebagai tujuan wisata berkemah, NangorakCamp juga bisa dijadikan tujuan untuk berwisata alam. Alam sekitar lokasi berupa kawasan kehutanan di tebing pegunungan Kareumbi bersambung dengan lahan perkebunan di bawah pengelolaan PT. Agape. Tambahannya, suasana alam sekitarnya juga bisa digunakan sebagai lokasi wisata penjelajahan atau tracking.

Untuk mengakses NangorakCamp ini bisa menggunakan jalan besar, baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Hanya saja jalan yang dilaluinya tidak mulus semuanya. Dari Alun-alun Sumedang menuju ke arah selatan menuju Desa Margamekar. Karena berada di kawasan ketinggian perbukitan, jalan yang dilaluinya menanjak. Kendaraan yang dibawa oleh pengunjung bisa parkir di tempat parkiran area wisata strowberi atau bisa juga dibawa sampai ke lokasi berkemah NangorakCamp.

Bagi pengunjung yang mau berkemah namun tidak memiliki tenda berkemah, pengunjung bisa menyewa dari pengelola NangorakCamp. Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas penunjang selama berkemah di NangorakCamp, karena di lokasi sudah tersedia beberapa fasilitas penunjang seperti toilet/WC umum, air bersih, warung dan listrik. Pengunjung NangorakCamp yang berkemah di sini hanya dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 saja.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 27 Juni 2018

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang