Sekilas Kontak

Berdiri

1968

Alamat Lengkap

Jalan Raya Sidaraja No. 369 Dusun Sidaraja Desa Padanaan Kecamatan Paseh

Web Site

MTs Sidaraja

Akun Facebook

Mts Sidaraja


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya Sumedang - Cirebon
  2. Dilalui berbagai angkutan umum seperti Angkot 01 dan Angkot 02, Bus jurusan Antar-Kota yang melewati Jalur timur Sumedang
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

MTs Sidaraja atau dikenal juga dengan nama MTs Ma'arif Sidaraja merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang berlokasi di Desa Padanaan Kecamatan Paseh. MTs atau Madrasah Tsanawiyah ini sesuai dengan namanya menyelenggarakan pendidikan setingkat dengan Sekolah Menengah Pertama yang berada di bawah naungan Departemen Agama Republik Indonesia.

MTs Sidaraja berdiri pada tahun 1968 yang diprakarsai oleh Bapak H. Saefusin Iskandar, Bapak Eded dan Bapak Medi. MTs ini didirikan di atas sebidang tanah wakaf dari Bapak H. Abdul Fatah seluas 650 m2. Di atas tanah tersebut oleh masyarakat sekitar dibangun bangunan sederhana yang diperuntukan sebagai Madrasah Diniyah Awaliyah di sore hari. Sementara di waktu pagi harinya digunakan sebagai tempat belajar siswa MTs.

Di awal pendiriannya sekolah ini bukan MTs tetapi memiliki nama SMPI (Sekolah Menengah Pertama Islam). Ketika muncul peraturan tentang perubahan nama sekolah menjadi Madrasah jika ingin berada di bawah naungan Departemen Agama RI, SMPI ini berubah nama menjadi MTs. Walau pada awalnya dianggap sebelah mata sebagai sekolah madrasah yang tidak memiliki peranan penting dalam pendidikan formal, lambat laun masyarakat sekitar mulai mempercayai sekolah ini sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang setingkat dengan SMP.

Pada mulanya MTs Sidaraja berdiri tanpa ada yayasan yang menaunginya, karena pada waktu itu belum ada ketentuan yang mengharuskan bahwa sebuah sekolah swasta harus berada di bawah naungan sebuah yayasan atau lembaga. Baru pada tahun 1983 MTs tersebut menggabungkan diri dengan Lembaga Pendidikan Ma'arif Kabupaten Sumedang, karena salah seorang pendiri MTs dekat dengan pengurus Lembaga Pendidikan Ma'arif. Sampai sekarang MTs Sidaraja berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif Cabang Sumedang.

Lokasi MTs Ma’arif Sidaraja terletak di Desa Padanaan Dusun Sidaraja Kecamatan Paseh. Bangunan MTs sejak berdiri sampai sekarang menumpang di bangunan milik Madrasah Diniyah yang secara operasional tidak berfungsi lagi karena Madrasah Diniyah tidak diaktifkan lagi oleh pengurusnya. Pada tahun 2006 mandapat tambahan lokal yang merupakan bantuan dari Diknas berupa RKB sebanyak 2 lokal berlantai dua. Pada tahun 2009 mendapat bantuan dari PLN wilayah Jabar dan Banten bekerjasama dengan Kodim 0610 untuk membangun ruang kelas baru.

Fasilitas-fasilitas yang lainnya belum tersedia sehubungan dengan minimnya dana yang masuk ke MTs tersebut. Sampai sekarang MTs tersebut baru mempunyai 6 ruang belajar dan satu ruang guru dan ruang yang lainnya pun disatukan dengan ruang guru.

(Dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 14 September 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang