Logo Mata Air Cipulus

Mata Air Cipulus

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berada di perbukitan dan pesawahan
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

1977

Alamat Lengkap

Dusun Conggeang Desa Conggeang Wetan

Email

wisatacipulus.conggeang@gmail.com

Web Site

Objek Wisata Mata Air Cipulus

Akun Google+

Objek Wisata Mata Air Cipulus Conggeang


Lokasi

Sumber mata air Cipulus terletak di Dusun Conggeang Desa Conggeang Wetan Kecamatan Conggeang. Mata air Cipulus memiliki sumber air dari Gunung Tampomas. Menurut kepercayaan masyarakat setempat sumber mata air Cipulus berasal dari aliran sungai bawah tanah yang mengalir dari kaki gunung Tampomas yang letaknya 5 kilometer dari lokasi wisata ini. Uniknya lagi Mata Air Cipulus ini keluar dari bawah akar pohon karet Gajah yang besar dan rindang. Mata air Cipulus sendiri menjadi sumber air bagi lahan pesawahan di sekitarnya yang luasnya mencapai 25 hektar. Debit airnya sekitar 8,3 liter/detik.

Wilayah mata air Cipulus ini merupakan objek wisata yang digunakan sebagai tempat pemandian atau kolam renang alami yang mempunyai sumber mata air sendiri. Sejak tahun 1977 mata air Cipulus sudah mulai dikenal sebagai objek wisata bagi penduduk setempat. Tempat wisata mata air Cipulus ini terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh panorama alam pegunungan. Lokasinya memiliki lingkungan yang sangat cocok bagi yang mencari kedamaian dan relaksasi dari kebisingan hidup sehari-hari.

Berdasarkan cerita masyarakat, mata air Cipulus ini sering digunakan sebagai tempat pemandian pada malam jum’at kliwon dan malam-malam yang disakralkan. Dan merupakan salah satu diantara tujuh sumber mata air yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang. Selain digunakan sebagai objek wisata, sumber mata air Cipulus ini juga sering digunakan untuk mengobati orang sakit. Di sekitar mata air Cipulus juga terdapat Aula Pertemuan yang bisa digunakan tempat untuk rapat, pertemuan atau makan bersama. Dan di sebelah kiri gedung aula terdapat Taman Cipulus yang sering digunakan untuk senam. Fasilitas tambahan lainnya adalah Mushola, Kamar Bilas, Kamar Ganti, Kamar Mandi dan WC Umum.

Lokasi objek mata air Cipulus ini memiliki tiga kolam renang, satu diantara tiga kolam merupakan kolam renang untuk dewasa dengan kedalaman 180 cm dan yang satu lagi merupakan kolam renang untuk anak–anak, yang kedalamannya dibagi dua tahap, 60 cm dan 90 cm. Kolam yang ketiga merupakan kolam terapi ikan dan kolam ikan segar.

Setiap akhir pekan khususnya pada hari Sabtu dan Ahad, objek wisata air Cipulus ini dijejali oleh wisatawan yang datang berombongan dengan keluarga masing–masing. Dengan didukung oleh pembangunan desa setempat, kini akses jalan menuju wisata Mata Air Cipulus menjadi bagus, serta tempat parkir yang luas mempermudah para wisatawan yang berkunjung menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

(Sumber: Objek Wisata Mata Air Cipulus)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 Juni 2015

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang