Sekilas Kontak

Berdiri

2002

Alamat Lengkap

Jalan Raya Bandung - Sumedang km. 19,5 Kecamatan Tanjungsari


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Semua angkutan umum yang melewati daerah Ciromed (SPBU Al-Ma'soem) Tanjungsari. Turun di depan SPBU Al-Ma'soem

Masjid Raya Ciromed (Merci) berada di Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari. Berdiri di atas tanah seluas 4000 meter persegi, yang diantaranya (1400 m2) merupakan wakaf dari H. Ma’soem dan selebihnya hasil pembelian Pemda Sumedang. Letaknya di sebelah barat jalan raya yang menghubungkan kota Bandung dengan kota Sumedang. Posisinya tepat di belakang SPBU Al Ma’soem Tanjungsari.

Latar belakang berdirinya Merci ini tidak bisa dilepaskan dari kondisi wilayah Ciromed waktu itu sebagai tempat berbuat asusila. Untuk menghilangkan stigma tersebut warga Ciromed memiliki keinginan untuk mengubahnya menjadi lebih agamis. Keinginan ini didukung oleh pemerintah Kabupaten Sumedang. Dan akhirnya dibangunlah Masjid Raya Ciromed yang dibiayai oleh APBD Sumedang dan para donatur.

Dengan menghabiskan biaya sekitar 1,5 milyar Masjid Raya Ciromed dibangun sekitar tahun 2001. Pada tanggal 26 April 2002 diresmikan langsung oleh Bupati Sumedang, Bapak Drs. H. Misbach. Untuk mengoptimalkan fungsinya, dijalinlan kerja sama antara Departemen Agama Sumedang, Pemerintah Daerah Sumedang dan LPM IAIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi Dewan Yayasan Masjid.

(Sumber: Firman Nugraha)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 November 2014

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang