Logo Masjid Besar Kecamatan Conggeang

Masjid Besar Kecamatan Conggeang

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Sumedang - Buahdua

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

1952

Alamat Lengkap

Dusun Kaum Desa Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang

Nomor Telepon

0817221753

Nomor Handphone

082115776857

Akun Google+

Masjid Agung Conggeang


Lokasi

Masjid Besar Kecamatan Conggeang merupakan sebuah masjid yang berdiri di pusat Kecamatan Conggeang. Lokasinya berada di seberang Alun-alun Conggeang, tepatnya di sebelah baratnya, di pinggir Kantor KUA Kecamatan Conggeang. Masjid ini berlokasi di pinggir jalan raya Conggeang yang mengghubungkan Paseh dengan Buahdua atau Ujungjaya.

Dengan lokasinya yang berada di pinggir jalan raya yang bisa menjadi akses bagi berbagai pengguna jalan, bisa dijadikan tempat untuk beristirahat atau ikut menunaikan ibadah shalat bagi yang bepergian. Ditambah lagi dengan tempat parkir yang luas, bisa memuat berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Berbagai aktivitas keagamaan biasa dilaksanakan di Masjid Besar Kecamatan Conggeang ini. Mulai dari kegiatan pendidikan keagamaan maupun kegiatan peringatan hari besar agama Islam. Begitu juga dengan kegiatan sosial keagamaan. Kegiatan-kegiatan semacam pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengajuan rutin dan dakwah Islam sampai peringatan hari besar agama Islam. Tak ketinggalan juga, fungsi utama masjid sebagai tempat untuk beribadah khususnya shalat berjamaah baik shalat berjamaah lima waktu maupun shalat Jumat.

Sebagai sebuah masjid besar, Masjid Besar Kecamatan Conggeang memiliki bangunan yang besar. Selain besar, masjid ini juga dibangun bertingkat dengan lantainya dua tingkat. Bangunannya terutama bentuk kubahnya terbilang unik karena tidak memiliki kubah yang biasa menghiasi masjid biasanya yang berbentuk bulat. Ada beberapa kubah berbentuk limas persegi empat di atas masjid besar ini. Di samping kiri dan kanan masjid bagian depan terdapat menara kembar yang tidak terlalu tinggi.

Berdasarkan data Simas Kementerian Agama, Masjid Besar Kecamatan Conggeang ini dibangun di atas tanah seluas 4.690 meter persegi. Lahan tanahnya berasal dari wakaf atau berstatus sebagai tanah wakaf. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1952. Luas bangunannya sebesar 1.190 meter persegi dengan daya tampung sampai 850 orang jemaah.

Berbagai fasilitas pendukung tersedia di Masjid Besar Kecamatan Conggeang ini seperti lahan parkir, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Toko, Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Kantor Sekretariat, Penyejuk Udara/AC, Sound System dan Multimedia, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, dan Sarana Ibadah.

(Sumber: berbagai sumber termasuk Simas Kemenag)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 29 Juli 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang