Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Pemerintah Kabupaten Sumedang

Berdiri

1970-an

Alamat Lengkap

Lingkungan Bebedahan Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di ujung jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Terletak di sebelah utara Gunung Kunci. Dari Gunung Kunci bisa jalan kaki ke arah utara di jalan Pangeran Sugih sekutar 100 meter, kemudian belok kanan masuk ke persimpangan

Lapangan Cigugur merupakan sebuah lapangan olahraga yang berada di lingkungan Bebedahan Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya berada berdekatan dengan Taman Hutan Rakyat Gunung Kunci, tepatnya berada di sebelah utaranya.

Berdasarkan sejarahnya, dulunya lingkungan dimana lapangan Cigugur berada merupakan kompleks pemakaman. Namun karena kompleks pemakaman ini melebihi kapasitas (terlalu penuh), pemakaman di tempat ini dipindahkan. Setelah kompleks pemakamannya dipindahkan, sekitar tahun 1970-an, di tempat bekasnya dibangun lapangan sepak bola. Kemudian dinamakan Lapangan Cigugur.

Lapangan Cigugur ini berbentuk sebuah lapang sepak bola yang di pinggirnya dilengkapi dengan fasilitas lintasan lari. Di sekeliling lapangan Cigugur dilengkapi pembatas dari tembok. Lapangan sepak bola ini biasa dipergunakan untuk pertandingan sepak bola dan latihan sepak bola. Selain kegiatan olahraga, biasa juga dipakai untuk melaksanakan kegiatan lainnya seperti kemping Pramuka, lomba Pasukan Paskibra, dan konser musik.

Hampir setiap hari lapangan Cigugur ini biasa digunakan oleh masyarakat sekitar atau anak sekolahan untuk melakukan kegiatan latihan sepak bola, lari atau jogging atau sekdar bermain. Untuk masuk ke lapangan Cigugur ini tidak memerlukan biaya, karena aksesnya gratis. Siapapun bisa masuk ke lapangan Cigugur ini.

Ke depannya, lingkungan lapangan Cigugur ini akan dikembangkan menjadi pusat olahraga (sport center) Kabupaten Sumedang. Rencana ini diambil karena rencana membangun pusat olahraga di Desa Licin Kecamatan Cimalaka dibatalkan menyusul luas lahan kurang mencukupi serta status tanah milik desa. Dengan tambahan lahan masyarakat untuk mencapai luas sebesar 3,2 hektar, lapangan Cigugur akan dikembangkan menjadi pusat olahraga yang di dalamnya akan terdapat berbagai fasilitas beberapa jenis olahraga. Direncanakan di sini akan dibangun lapangan sepak bola, dua lapangan tenis, satu lapang bola voli, satu lapang futsal dan lintasi lari serta atletik lainnya.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk It's My Blog, Kampung Ciburuan)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 April 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang