Sekilas Kontak

Berdiri

1985

Alamat Lengkap

Dusun Parugpug Desa Cijambe Kecamatan Cijambe


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di Dusun Parugpug Desa Cijambe Kecamatan Paseh

Koperasi Simpan Pinjam atau disingkat KSP Mekar Jaya merupakan sebuah koperasi yang berdiri di Dusun Parugpug Desa Cijambe. Sebagai sebuah lembaga keuangan berbentuk koperasi, lembaga ini sangat menunjang aktivitas perekonomian masyarakat setempat khususnya bagi masyarakat Dusun Parugpug. Pada awalnya, KSP ini merupakan koperasi bagi orang tua murid sekolah dasar.

Pada tahun 1985, di Dusun Parugpug berdiri Koperasi Orang Tua Murid yang menjangkau anggota dari kalangan orang tua murid sekolah dasar yang berada di Dusun Parugpug. Pada tahun 2000, koperasi ini berubah menjadi koperasi umum dan memiliki badan hukum sendiri. Perubahan ini diiringi dengan cakupan anggota yang lebih luas, tidak hanya menjangkau orang tua murid saja. Modal awalnya sebesar 50 juta rupiah yang berasal dari pemerintah setempat.

Perubahan terjadi kembali pada tahun 2007. Koperasi ini berubah kembali badan hukumnya menjadi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan mendapatkan tambahan modal sebesar 100 juta rupiah. Penetapan badan hukumnya sendiri adalah No. 289/BH/PAD/DK/1013/XII/2007 yang ditetapkan pada tanggal 28 Desember 2007.

Hingga saat ini, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mekar Jaya telah memiliki anggota mencapai 400 orang yang terdiri atas kelompok tani, pedagang kecil dan masyarakat setempat. Jumlah pengurus koperasi ini berjumlah 6 orang. Setiap anggota KSP Mekar Jaya ini memberikan simpanan wajib sebesar Rp 10.000 dan simpanan pokok Rp 15.000. Dalam penyelenggaraan kegiatannya, KPS Mekar Jaya bekerja sama dengan Bank Jabar-Banten (BJB).

(Sumber: KKNM Unpad Cijambe)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 14 Juli 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang