Sekilas Kontak

Berdiri

27 Juli 2007

Alamat Lengkap

Dusun Singkup Desa Ciherang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di Dusun Singkup Desa Ciherang
  2. Berada di jalur jalan nasional yang menghubungkan Bandung - Cirebon

Kelompok Pembudidaya Perikanan (Pokdakan) Karya Mandiri merupakan sebuah kelompok yang menjadi tempat berkumpulnya para pembudidaya ikan. Ikan yang dibudidayakan khususnya ikan lele yang berlokasi di Dusun Singkup Desa Ciherang.

Sebelum terbentuknya kelompok Pokdakan ini, di Dusun Singkup sudah ada sejumlah warga yang membudidayakan ikan lele. Kemudian Dinas Peternakan dan Perikanan melakukan kunjungan lapangan dengan mengutus Ir. Yetty beserta dua orang stafnya ke wilayah Desa Ciherang. Kunjungan ini dalam rangka menemui para pembudidaya ikan lele dan ketua RW 1 Dusun Singkup untuk membicarakan kondisi perikanan pada saat itu. Pembicaraannya mulai dari prosfektif perikanan khususnya ikan lele hingga upaya dalam peningkatan SDM pembudidaya. Kebetulan pada saat itu, para pembudidaya ikan belum tergabung dalam suatu wadah atau kelompok. Sehingga memunculkan kesimpulan untuk membentuk suatu Kelompok Pembudidaya Perikanan (Pokdakan).

Berselang beberapa hari dari kunjungan lapangan tersebut, pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2007 dibentuklah kelompok pembudidaya ikan di Dusun Singkup. Mulai dari pembentukan sampai dengan pemilihan ketua kelompok dilakukan secara demokratis. Acara ini dihadiri oleh warga masyarakat Dusun Singkup, staf Dinas Peternakan dan Perikanan, para penyuluh yang pada saat itu dipimpin oleh Bapak Dedi Djunaedi, serta dari pihak UPTD Sumedang Kota. Kelompok ini diberi nama Kelompok Pembudidaya Perikanan Karya Mandiri yang dikukuhkan oleh kepala Desa Ciherang, Yuseph Nugraha.

Pengambilan nama Karya Mandiri diharapkan masyarakat atau pengurus kelompok beserta anggotanya mampu berkreasi atau kreatif tanpa harus mengandalkan orang lain. Lebih jauhnya, anggota dan pengurus kelompok harus memiliki sikap untuk siap dibina sehingga mampu berkreasi memberdayakan perekonomian masyarakat khususnya kepala rumah tangga yang masih sangat produktif untuk berusaha sehingga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Perkembangan selanjutnya menunjukkan arah yang positif. Setelah satu bulan dibentuk, jumlah anggota yang tergabung dalam kelompok Karya Mandiri mulai bertambah. Kegiatan pembudidayaan ikanpun mulai berkembang mulai dari usaha yang dikelola oleh bersama berupa 10 kolam berukuran 5 x 3 meter sampai dengan kolam-kolam yang berada di pekarangan rumah masing-masing anggota dengan memanfaatkan lahan kosong. Ukuran kolam yang terletak di pekarangan rumah bervariasi mulai dari ukuran 2 x 3 meter sampai dengan ukuran 2 x 4 meter yang terbuat dari anyaman bambu yang dilapis plastik.

(Sumber: Mina Tandang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 Juni 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang