Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Perbukitan Margawindu Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Bisa diakses dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan
  2. Tidak dilewati angkutan umum

Bagi warga Sumedang yang menginginkan suasana perkebutan teh, sebenarnya tidak perlu bersusah payah atau jauh-jauh berkunjung ke daerah lain seperti Subah atau Puncak. Karena sebenarnya di daerah Sumedang juga terdapat perkebunan teh. Di perbukitan Margawindu terdapat perkebunan teh yang dikenal dengan nama perkebunan Teh Marganwindu. Perkebunan teh ini termasuk wilayah Desa Citengah, dan ketika mengunjungi perkebunan ini akan melewati kawasan wisata Cibingbin dan Curug Cigorobog. Sekalian saja, selain berlibur ke perkebunan teh bisa sekaligus mencoba suasana wisata air Cibingbin dan curug Cigorobog.

Untuk mengunjungi perkebunan teh Margawindu ini bisa melalui jalan besar yang bisa ditempuh sekitar 30 sampai 45 menit. Arahnya, kalau dari pusat kota Sumedang ke arah selatan. Untuk mencapainya, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Hanya saja jalan aspalna sudah jelek, banyak bolong-bolongnya. Sepanjang jalan menuju ke tempat tujuan akan tersaji pemandangan yang indah seperti hamparan pesawahan beserta perbukitan dan aliran sungai yang jernih.

Berkaitan dengan suasananya, perkebunan teh Margawindu ini lebih alami. Udaranya masih sangat segar alami dan tidak terlalu bising dengan kendaraan yang lalu-lalang. Menurut cerita, di perkebunan teh ini dulunya ada bekas bangunan milik Belanda. Hal ini bisa dibuktikan dengan bekas fondasi rumah, tegel dan sisa bata yang antik.

Hanya saja yang sangat disayangkan adalah kondisi perkebunan teh saat ini yang kurang begitu terawat. Semenjak perusahaan swasta yang mengelola perkebunan teh ini tidak memperpanjang masa penyewaannya, tidak ada lagi pihak yang merawatnya. Hanya penduduk sekitar yang berusaha merawatnya menggunakan peralatan tradisional dan seadanya.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 27 Maret 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang