Sekilas Kontak

Berdiri

6 Desember 1954

Alamat Lengkap

Gunung Jagat Dusun Cibareubeu Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal


Lokasi


Akses Lokasi

Sebagaimana definisi cagar alam, kawasan Gunung Jagat merupakan sebuah kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan ekosistemnya, termasuk tumbuhan dan satwa yang ada di dalamnya yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Kawasan ini terletak di Gunung Jagat, Dusun Cibareubeu Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal.

Kawasan Cagar Alam Gunung Jagat termasuk kawasan yang cukup luas. Luasnya sekitar 126,60 hektar. Dan secara administratif terbagi ke dalam dua wilayah pemerintahan, yaitu termasuk Desa Sukamanah di bagian selatannya dan bagian utaranya termasuk wilayah Desa Cisampih Kecamatan Jatigede. Lokasinya sekitar 5 km dari Wado.

Secara topografi, Kawasan Cagar Alam Gunung Jagat memiliki bentang permukaan tanah yang bervariasi dari bergelombang sedang, berbukit, sampai bergunung-gunung dengan ketinggian tempat antara 454 s.d. 742 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini mempunyai tiga rangkaian pegunungan yaitu Gunung Jagat di sebelah barat, Gunung Paseur di bagian tengah dan Gunung Kencana di sebelah Timur.

Kawasan Gunung Jagat diresmikan menjadi kawasan cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 132/Kpts/Um/12/1954 tanggal 6 Desember 1954. Kawasan ini memiliki kekhasan tumbuhan dan hewan, terdapat ekosistem yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Gunung Jagat memiliki kodisi alam yang masih alami dan belum pernah diganggu oleh manusia. Penghuni yang berada di kawasan Gunung Jagat ini terbagi menjadi dua jenis yaitu flora (tumbuh-tumbuhan) dan fauna (hewan).

Flora

Secara garis besar Kawasan Cagar Alam Gunung Jagat ini mempunyai tipe vegetasi hutan hujan ropis dataran rendah. Jenis tumbuhan yang ada di kawasan ini, terbagi dalam dua kelompok yakni: Kelompok jenis berkayu seperti Teureup (Artocarpus elastica), Kiara (Ficus septica), Manglid (Mangnolia blumei), Burahol (Stelochocarpus burahol), Bungur (Langerstromia indica), Kesambi (Schleichera oleosa), Mindi (Melia azedarach). Sedangkan dari kelompok semak belukar adalah Harendong (Melastoma malabathricum) dan lain-lain. Jenis dari golongan liana dan epiphyt adalah : Kelebahe (Loqodium clociatum), Owar (Flagellaria indica), Areuy Gember (Vibraurea chololeuca), Anggrek Merpati (Phalaenopsis amabilis), Kadaka (Drynaria sp), Ketongkeng (Telosna cordata) dan lain-lain.

Fauna

Jenis-jenis satwa liar yang ada di Kawasan Cagar Alam Gunung Jagat antara lain: Macan Kumbang (Panthera pardus), Kucing hutan (Felis Bengalensis), Kancil (Tragulus javanica), Jelarang (Ratufa bicolor), Kalong (Pteropus vampyrus), Babi Hutan (Sus vitatus), Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Tracypithecus auratus), Trenggiling (Manis javanica), Ayam Hutan (Gallus gallus), Elang Ruyuk (Spilornis cheela bido), Ular Sanca (Phyton sp), Ular Hijau (Trimeresurus albolabris) dan Biawak (Varanus salvator).

(Sumber: Dinas Kehutanan Jawa Barat)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 Agustus 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang