Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

H. Nana Mulyana

Berdiri

2015

Alamat Lengkap

Jl. Pagar Betis Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan

Nomor Handphone

081220906211

Email

info@kampungkaruhun.com

Web Site

Kampung Karuhun

Page Facebook

Kampung karuhun

Akun Google+

Kampung Karuhun


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Bisa menggunakan Angkutan Umum Pedesaan Cipameungpeuk - Citengah. Dilanjut dengan jalan kaki atau menggunakan Ojeg
  4. Lokasinya sebelah selatan kota Sumedang dengan jarak 7 km

Kampung Karuhun merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang berada di wilayah Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Sumedang ke arah selatan. Kawasan Kampung Karuhun berupa pesawahan berbukit dan lingkungan hutan tropis yang masih terjaga keasriannya.

Di kawasan ini terdapat aliran sungai Cihonje dengan airnya yang jernih mengalir melewati bebatuan. Di bagian hulunya terdapat air terjun Cigorobog yang akan memikat pengunjung. Di sebelah atasnya lagi terdapat hamparan kebun teh Margawindu yang dikelilingi kawasan hutan lindung pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dengan lingkungan alam yang masih hijau, Kampung Karuhun menawarkan wisata terpadu dengan konsep eco green park. Sehingga pengunjung akan disuguhkan nuansa alam yang sangat kental dan disediakan berbagai macam bibit pohon yang bisa ditanam di daerah konservasi atau bisa dibawa pulang untuk ditanam sendiri. Di kawasan hutan lindungnya sendiri masih terdapat berbagai jenis satwa yang dilindungi seperti Elang, Lutung, Surili, Kera, berbagai jenis burung, Landak serta masih terdapat kucing besar sejenis Lodaya.

Kampung Karuhun ini dibangun oleh H. Nana Mulyana yang merupakan seorang pengusaha, Direktur PT. Nuansa Aluminium, dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat (Kadin Jabar). Beliau berkeinginan untuk mengembangkan tempat yang tadinya kurang terurus dan tidak produktif yang berada di sekitar hutan Desa Citengah Sumedang dijadikan kawasan wisata. Konsep wisatanya disesuaikan dengan kondisi Kabupaten Sumedang yang kaya akan keanekaragaman seni dan budaya serta alam pegunungan dan hutan yang masih asri ditunjang dengan visi Kabupaten Sumedang menjadi daerah agro bisnis dan pariwisata serta misi pariwisata kabupaten Sumedang mewujudkan daerah pariwisata budaya dan pariwisata lingkungan.

Pembangunan Kampung Karuhun ini dimulai pada pertengahan tahun 2015. Dalam pengembangannya dilakukan melalui jalan kerja sama antara pencetus dengan masyarakat sekitar dan pemerintahan daerah. Kampung Karuhun lebih banyak melibatkan masyarakat setempat dalam pengelolaan obyek wisatanya.

Berbagai fasilitas dan wahana wisata tersedia di Kampung Karuhun. Fasilitas dan wahana yang akan memanjakan pengunjungnya dalam menikmati liburan di Kampung Karuhun ini. Ada fasilitas restoran, meeting room, pojok seni, cottage, saung budaya, meeting room, wedding door serta berbagai wahana seperti atv, flying fox dan river tubbing.

Fasilitas restoran Kampung Karuhun menyediakan menu andalan Cobek Karuhun, yang memadukan resep buhun yang diolah chef berpengalaman menghasilkan cobek ikan yang enak ditambah dengan nasi liwet komplit di buat secara langsung. Jadi bagi yang ingin mencoba wisata kuliner, tersedia di sini. Tersedia menu lainnya yang bisa dipilih.

Ada juga fasilitas Saung Budaya yang digunakan untuk pementasan seni kedaerahan seperti Jaipongan, Songah, Karinding dan seni lainnya. Kemudian ada lagi fasilitas Camping Ground yang berupa bangunan rumah dengan konsep camping di samping sungai untuk kapasitas 6 orang. Camping Ground ini dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur, toilet di dekatnya, dan tempat untuk membuat api unggun.

Bagi yang ingin mencoba olahraga penjelajahan, Kampung Karuhun juga menyediakan wahana adventure. Wahana ini berupa kendaraan yang bisa diisi 4 s.d. 9 orang. Rutenya dari Kawasan Kampung Karuhun menyusuri jalan kecil sampai di perkebunan teh Margawindu. Dilanjut menyusuri medan offroad di tengah perkebunan teh dan berakhir di Kampung Buhun Cisoka. Dan diakhiri dengan mengunjungi Curug Cigorobog.

Wahana yang menantang nyali lainnya yang tersedia di Kampung Karuhun adalah Flying Fox, ATV dan River Tubbing yang berlokasi di sekitar sungai Cihonje.

Jika Anda tertarik, silakan langsung kunjungi Kawasan Kampung Karuhun yang berlokasi di Desa Citengah. Jalan untuk mengaksesnya sudah besar dan beraspal, sehingga bisa menggunakan kendaraan roda empat. Untuk tarif masuknya, bisa ditebus dengan harga Rp. 10.000 termasuk produk sponsor, asuransi dan retribusi Pemda.

(Sumber: Kampung Karuhun dan BaleBandung)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 19 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang