Logo Kampung Ciputri

Kampung Ciputri

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di ujung jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja


Lokasi

Kampung Ciputri merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah Desa Cipeuteuy, dan posisinya di lereng perbukitan. Jika dilihat dari pusat Desa Cipeuteuy, lokasinya berada di sebelah barat daya, saling membelakangi perbukitan.

Jika ditarik garis lurus, jarak Kampung Ciputri dengan pusat Desa Cipeuteuy sekitar empat kilometer. Jarak yang cukup jauh apalagi jika medan yang harus dilaluinya merupakan perbukitan dan pegunungan. Ditambah lagi akses jalannya hanyalah jalan setapak, yang jika dilalui akan lebih jauh lagi jaraknya.

Sebenarnya ada alternatif jalan yang bisa dilalui melewati desa dan kecamatan tetangga sebelum masuk ke pusat Desa Cipeuteuy. Namun jaraknya lebih jauh beberapa kali lipat karena harus memutar terlebih dahulu. Walau lebih jauh, jalan ini bisa dilewati dengan menggunakan kendaraan karena jalannya merupakan jalan besar. Dari Kampung Ciputri menuju ke arah selatan menuju ke Desa Tamansari Kecamatan Cibugel, kemudian ke arah timur menuju Desa Darmajaya dan dilanjut melewati Desa Darmaraja di Kampung Cibarengkok. Dari sini bisa langsung ke arah barat ke Desa Cipeuteuy atau pusat Kecamatan Darmaraja dulu. Baru kemudian bisa sampai di pusat Desa Cipeuteuy. Jaraknya sekitar 11 sampai dengan 12 kilometer.

Secara topografis dan bisa dilihat di Google Maps, Kampung Ciputri berlokasi di lereng perbukitan dengan kemiringan ke arah utara. Ketinggiannya berada pada elevasi antara 750 sampai dengan 800 meter di atas permukaan laut. Wilayah perkampungannya dikelilingi dengan lahan pertanian terutama perkebunan. Di bagian selatannya terdapat hamparan pesawahan berupa terasering.

Kampung Ciputri dihuni oleh penduduk dengan jumlah kepala keluarga kurang lebih 54 KK atau 47 Umpi, sebagaimana informasi yang disajikan oleh Kitabisa.com.

(Sumber: Kitabisa.com)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 13 Januari 2017

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang