Logo Kampung Batik

Kampung Batik

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  2. Tidak dilewati angkutan umum
  3. Dari Cimalaka, gunakan jalur menuju ke Citimun (bisa menggunakan Angkutan Pedesaan Sumedang - Citimun). Turun di Pertigaan Iting Yonif 301 PKS. Dilanjut naik ojeg atau jalan kaki ke arah selatan

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

5 Maret 2020

Alamat Lengkap

Dusun Cikandung Rt. 01/03 Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka


Lokasi

Kampung Batik merupakan sebuah nama untuk wilayah di Desa Nyalindung yang menjadikannya destinasi wisata dan menjadi bagian dari Desa Wisata Nyalindung. Kampung Batik ini tepatnya berlokasi di Dusun Cikandung Rt. 01/03 yang posisinya tidak terlalu jauh dari wisata Mata Air Cikandung. Jarak dari wisata Mata Air Cikandung sekitar 200 meter ke arah selatan jika ditarik garis lurus dengan akses menyusuri pematang sawah dan atau saluran air dari Mata Air Cikandung.

Kampung Batik ini menjadi salah satu program pemerintah Desa Nyalindung dalam rangka menjadikan desa ini sebagai desa wisata berbasis masyarakat. Program Kampung Batik ini selain untuk mengembangkan potensi desa, namun juga bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat Desa Nyalindung. Kampung Batik yang dikembangkan oleh pemerintah Desa Nyalindung ini akan terintegrasi dengan wahana atau lokasi wisata lainnya termasuk Mata Air Cikandung dan Kampung Sawah.

Kampung Batik ini telah diluncurkan secara resmi oleh Camat Cimalaka, Asep Aan Dahlan, S.Sos., M.Si., pada tanggal 5 Maret 2020 di lokasi Dusun Nyalindung. Pencanangan Kampung Batik sendiri sudah ada semenjak tahun sebelumnya. Setidaknya pada tahun 2019, pemerintah Desa Nyalindung sudah mengadakan kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas TP PKK di Gedung Serbaguna Desa Nyalindung. Kegiatan ini menghadirkan narasumber pakar melukis batik di kain putih dari Bandung, Dra. Eryanti, M.Pd. yang membahas tentang dasar-dasar pengetahuan membatik. Kegiatan ini mendapat sambutan yang bagus dari peserta ibu–ibu PKK Desa Nyalindung.

Peluncuran Kampung Batik sendiri dibarengi dengan kegiatan menyulap keadaan Dusun Cikandung menjadi lebih meriah. Warga Dusun Cikandung masing-masing menyulap tembok dinding rumahnya dengan menggambarinya. Warga sengaja melukis dinding dengan berbagai gambar yang unik sehingga terlihat menarik. Gambar yang dibuatnya ada gambar pemandangan, tanaman, batik hingga kotak-kotak. Dan yang mendominasi adalah motif batik, sesuai dengan tema Kampung Batik.

Kampung Batik ini menjadi salah satu wahana yang mendukung program Desa Wisata Nyalindung, untuk melengkapi wahana wisata yang sudah terlebih dahulu ada yaitu Mata Air Cikandung. Selain Kampung Batik, pemerintah Desa Nyalindung juga sedang menyiapkan wahana wisata lainnya seperti Kampung Sawah, Kampung Rajut, dan kampung-kampung lainnya. Salah satu sarana pendukung yang sudah dimiliki oleh pemerintah Desa Nyalindung adalah adanya mobil wisata yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berkeliling ke lokasi wisata yang ada di Desa Nyalindung. Tarif naik mobilnya cukup murah, hanya Rp 5.000 untuk masyarakat umum.

Untuk mengunjungi Kampung Batik Desa Nyalindung ini cukup mudah. Akses jalannya sudah bagus dan bisa dilewati dengan kendaraan roda empat. Hanya saja belum ada angkutan umum yang langsung melintasi lokasi. Jika ingin berkunjung ke Kampung Batik ini, ada bagusnya jika dilakukan pada hari Sabtu dan Ahad di pagi hari. Pengunjung bisa sekalian wisata kuliner makanan tradisional seperti buntil dan sayuran jantung.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 Agustus 2020

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang