Logo Jembatan Kepuh

Jembatan Kepuh

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda dan sepeda motor
  2. Terletak sekitar 500 meter sebelah selatan jalan raya nasional Bandung - Cirebon

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Pamulihan Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang


Lokasi

Jembatan Kepuh merupakan sebuah jembatan gantung yang melintasi aliran Sungai Cipeles, tepatnya di Blok Oray Tapa. Jembatan ini berada di perbatasan wilayah antara Desa Pamulihan Kecamatan Situraja dan Desa Padanaan Kecamatan Paseh. Sehingga jembatan ini menjadi salah satu alternatif akses bagi masyarakat Desa Pamulihan jika ingin bepergian ke wilayah yang berada di sebelah utaranya seperti wilayah Kecamatan Paseh dan Kecamatan Tomo. Atau jika ingin bepergian dengan melintasi jalur jalan raya Sumedang - Tomo, akses jalan terdekat bisa melintasi jembatan ini.

Jembatan gantung ini tidak terlalu jauh lokasinya dari jalur jalan nasional yang menghubungkan Bandung - Cirebon. Jaraknya sekitar 500 meter sebelah selatan dengan melintasi kawasan pesawahan. Akses masuk dari jalan raya ini berada di dekat Rumah Makan Warung Pojok, tepatnya di perbatasan antara Desa Padanaan Kecamatan Paseh dengan Desa Bugel Kecamatan Tomo. Di sebelah timur Warung Pojok ada jalan masuk berukuran kecil yang tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua seperti sepda dan sepeda motor. Sebagai penunjuk arah ada papan berukuran kecil ditempatkan di batang pohon dengan penanda Jalan Alternatif untuk Sepeda Motor Pamulihan - Situraja - Wado.

Jembatan Kepuh ini hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan orang. Tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor dengan roda lebih dari dua. Dan ketika harus berpapasan, salah satu sisi harus mengalah atau menunggu dulu kendaraan dari sisi lain selesai melintas. Ketika melintasi jembatan ini dengan mengendarai kendaraan, harus hati-hati karena bisa saja lintasan jembatannya sedikit bergoyang.

Panjang bentang jembatan gantung ini sekitar 100 meteran. Di kedua ujungnya terdapat menara yang digunakan sebagai tumpuan kabel utama penyangga jembatan gantung. Ada dua kabel baja sebagai penyangga utama jembatan gantung ini, di sisi kiri dan kanan jembatan. Lebar jembatan sendiri sekitar satu meter lebih. Di kedua sisinya terdapat pagar pengaman dengan ketinggian sekitar satu meteran. Bagian bawah atau lintasan jembatannya tersusun dari papan terbuat dari kayu.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 September 2020

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang