Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Leuwihieum Desa Lebaksiuh Kecamatan Jatigede


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di perbatasan Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Majalengka
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua

Jembatan gantung Cilutung terletak di wilayah Dusun Leuwihieum Desa Lebaksiuh Kecamatan Jatigede. Jembatan gantung ini melintasi aliran Sungai Cilutung yang merupakan anak sungai Cimanuk dan menghubungkan wilayah Desa Lebaksiuh dengan wilayah Desa Pasirmuncang Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka.

Jembatan gantung Cilutung menjadi salah satu alternatif jalur lalu lintas bagi masyarakat Desa Lebaksiuh dengan dunia luar, khususnya wilayah Kabupaten Majalengka. Jalur akses melewati jembatan gantung ini terbilang lebih dekat jika ingin mengakses pusat perkotaan dibandingkan dengan akses jalan menuju wilayah perkotaan di wilayah Kabupaten Sumedang. Sehingga untuk kegiatan perekonomian, pendidikan dan sektor kehidupan lainnya, bagi penduduk Desa Lebaksiuh lebih mudah jika menggunakan akses jembatan ini.

Untuk mengakses wilayah perkotaan di wilayah Sumedang, khususnya kota Sumedang, penduduk Desa Lebaksiuh harus menempuh jarak yang lebih dari 37 km. Jalan yang harus dilewatinya saat ini masih belum beraspal. Sementara jika menggunakan jembatan gantung ini, penduduk Desa Lebaksiuh khususnya Dusun Leuwihieum bisa mengakses pusat perkotaan (pusat kota Majalengka) dengan jarak sekitar delapan kilometer saja.

Jembatan gantung Leuwihieum ini membentang dari sisi selatan ke sisi utara pinggiran sungai Cilutung. Sisi selatan berada di wilayah Desa Lebaksiuh, sementara sisi utara terletak di Desa Pasirmuncang. Panjang bentang jembatan gantung ini sekitar 100 meter. Jembatan gantung ini selain bisa dilewati oleh pejalan kaki, juga bisa dilewati oleh angkutan bermotor roda dua (sepeda motor).

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 24 April 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang