Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Toto Suhendro

Berdiri

10 April 2003

Alamat Lengkap

Jalan Raya Cilembu Dusun Lebakjawa Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan

Nomor Telepon

022-7536767

Nomor Handphone

0811 20 8803

Email

info@togapuri.com

Web Site

Togapuri


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum
  4. Aksesnya bisa menggunakan jika menggunakan jalur Bandung - Sumedang, belok di pertigaan Simpang Pamulihan. Di Warung Kawat belok kiri
  5. Jika melewati jalur Bandung - Garut, belok di Parakanmuncang. Sampai di pertigaan Warung Kawat, belok kanan

Istana Tanaman Obat Togapuri atau dikenal juga dengan nama Togapuri merupakan sebuah kebun tanaman obat dengan luasan sekitar satu hektar. Lokasinya berada di ketinggian lereng Gunung Kareumbi bagian barat laut. Tepatnya berada di Jalan Raya Cilembu, Dusun Lebakjawa Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

Nama Togapuri sendiri berasal dari gabungan kata Toga dan Puri. Kata Toga merupakan singkatan dari Tanaman Obat Keluarga atau bisa juga singkatan dari Toto dan Keluarga. Sementara Puri memiliki arti Istana. Sehingga, Togapuri memiliki makna sebagai istana tanaman obat yang dikelola oleh Toto dan keluarga.

Togapuri didirikan semenjak tanggal 10 April 2003 dan mulai menerima kunjungan tamu pada tanggal 25 Desember 2004. Pendirian Togapuri dilandasi oleh kondisi pendiri Togapuri, yang merupakan pegawai BUMN di Bandung pada waktu itu, mengalami sakit keras seperti jantung, ginjal, vertigo, hipertensi, lambung, kolesterol tinggi, alergi terhadap debu, cuaca dan makanan tertentu. Untuk penyembuhannya menggunakan proses pengobatan herbal. Ini terjadi pada tahun 1993 setelah hampir dua tahun menderita sakit. Semenjak itu, Pak Toto aktif belajar dan mendalami herbal mulai dari pemanfaatan, budidaya, pengolahan hingga pemasaran. Ditambah juga dengan mempelajari metode pengobatan komplementer yang holistik, alamiah dan ilmiah serta memperdalam ilmu olah napas.

Setelah sembuh dari penyakitnya, pada tahun 2003 Pak Toto mulai berkebun menanam tanaman obat yang terletak di Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Dalam pengelolaan kebun tanaman obatnya, Pak Toto bersama istrinya, Ardanarti dibantu oleh para karyawan yang berasal dari penduduk sekitar kebun. Hal ini tidak lepas dari misi pendirian kebun tanaman obat Togapuri yang digunakan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar kebun. Selain itu, misinya adalah untuk memberikan pemahaman dan berbagi pengalaman kepada masyarakat tentang hidup sehat berbasis tanaman obat, kemudian juga untuk membantu masyarakat luas dalam pengobatan berbagai penyakit dengan basis herbal.

Di kebun tanaman obat Togapuri ini sudah ditanam dan dibudidayakan berbagai jenis tanaman obat dengan jumlah sekitar 300 jenis tanaman obat. Jenis tanamannya bermacam-macam, ada yang berupa tanaman liar, tanaman buah, tanaman sayur, tanaman hias dan bunga, tanaman keras serta tanaman rimpang.

Tanaman-tanaman tersebut dimanfaatkan sebagai obat yang kemudian dikemas dalam bentuk kapsul. Selain berbentuk kapsul, ada juga yang dimanfaatkan dengan cara dijadikan makanan dan minuman. Makanan dan minuman dari tanaman obat ini disediakan bagi para tamu yang hadir ke Istana Togapuri. Bagi tamu yang menginap akan disediakan berbagai jenis menu yang berubah setiap harinya, dimana menunya lebih menekankan pada manfaat bagi kesehatan dan kelezatan dalam cita rasanya. Selain itu, seluruh masakan juga tidak menggunakan penyedap rasa namun dapat menampilkan keunikan karena berbahan baku tanaman obat yang lezat cita rasanya.

Sehingga, tamu yang sengaja menginap di Istana Togapuri akan merasakan sajian hidangan yang sehat, lezat dan unik. Ditambah dengan suasana tempa makan yang asri karena berada di tengah lokasi berbagai tanaman obat. Kondisi udaranya yang sejuk dan tempat yang bersih, menambah sensasi yang berbeda.

Berbagai fasilitas tersedia di Istana Togapuri yang akan memanjakan kenyamanan pengunjung dan tamunya. Bangunan yang berada di dalamnya didesain dari beton dan kayu dengan nuansa arsitektur Jawa yang sarat dengan makna filosofi. Bangunannya berupa bangunan joglo yang menambah asrinya suasana kebun. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Istana Togapuri diantaranya adalah: Tempat Parkir, Bale Sehat, Dapur Umum, Ruang Spa, Aula, Kamar Tidur, Pendopo, Lapangan Kecil, Mushola, Lapangan Olahraga dan Taman Kahuripan.

Aulanya berukuran 12 x 10 m2 dengan daya tampung 160 buah. Di dalamnya dilengkapi dengan satu unit toilet, satu unit sound system dengan dua buah louspeaker besar ukuran 15 inch. Kamar tidur sebanyak tujuh unit dengan kapasitas untuk tiga orang yang dilengkapi kamar mandi dengan fasilitas shower air panas dan air dingin. Kamar ini terletak di gedung lantai tiga sehingga pemandangan dari kamar sangat eksotis saat melihat kebun dan memandang gunung Manglayang.

(Sumber: Togapuri dan Budaya)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 Januari 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang