Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berjalan kaki menyusuri jalan setapak

Gunung Geulis merupakan sebuah gunung kecil yang berada di wilayah barat Kabupaten Sumedang. Tepatnya berlokasi di tapal batas tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Tanjungsari. Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian sekitar 1.281 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi, Gunung Geulis tidak terlalu terkenal bagi orang di luar sekitar Gunung Geulis. Sehingga yang mendakinyapun biasanya terbatas bagi orang sekitar saja seperti orang Jatinangor atau Tanjungsari saja. Kebanyakan yang sengaja mendaki ke gunung ini adalah yang sedang melaksanakan studi di wilayah Jatinangor, baik mahasiswa ataupun siswa sekolah.

Walau tidak terlalu tinggi, dari puncak Gunung Geulis bisa melihat indahnya pemandangan alam seperti di saat matahari terbit di ufuk timur atau ketika matahari tenggelam di arah barat. Begitu juga dengan pemandangan alam di bawah Gunung Geulis, hamparan pesawahan bercampur dengan pemukiman dan jalan-jalan. Wilayah Jatinangor juga terlihat jelas dari puncak Gunung Geulis.

Di puncak Gunung Geulis terdapat lahan yang datar dan cukup luas. Di sini terdapat dua buah pohon beringin besar. Di puncak gunung ini juga terdapat beberapa makam yang dinaungi oleh saung-saung atau bangunan. Salah satu bangunan dan makam berada di bawah pohon besar yang menjadi ciri khas Gunung Geulis.

Berkaitan dengan makam ini banyak versi cerita yang berbeda-beda. Salah satu versinya adalah makam ini merupakan makam seorang istri dari penguasa wilayah Jatinangor di jaman dahulu. Istri tersebut sangat terkenal kecantikannya, sehingga orang-orang menjulukinya dengan sebutan "Putri Geulis" meski nama yang sebenarnya tidak diketahui dengan pasti. Suatu ketika Putri Geulis tersebut meninggal dunia akibat terserang penyakit. Sebagai tanda cinta kepada sang istri, penguasa tersebut menguburkan jasad istrinya di puncak gunung. Dan akhirnya, gunung tersebut dikenal dengan nama Gunung Geulis. Tidak mengherankan jika makam di puncak Gunung Geulis seringkali didatangi oleh orang-orang yang ingin mendapatkan jodoh.

Bagi yang mau mendaki Gunung Geulis, disarankan untuk membawa perbekalan terutama air. Karena di puncak Gunung Geulis susah mendapatkan air. Jalur yang biasa dilalui untuk mendaki gunung ini adalah melewati wilayah Jatiroke tepatnya melalui jalan di sebelah SD Negeri Sinarjati. Jika dari Jatinangor ke arah Sumedang, kemudian belok ke kanan di pangkalan Ojeg Jatiroke.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk Balada Asmoro Laut)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 04 Maret 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang