Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Hanya bisa diakses dengan berjalan kaki.
  2. Jarak terdekat dan termudah untuk mendaki Gunung Gajah dari Kampung Batugara

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Batugara Desa Cikondang Kecamatan Ganeas


Lokasi

Gunung Gajah merupakan sebuah nama untuk lokasi ketinggian yang berada di sebelah timur wilayah Kampung Batugara. Tepatnya berada di perbatasan wilayah Desa Cikondang Kecamatan Ganeas dengan Desa Gunasari Kecamatan Sumedang Selatan. Walau memiliki nama gunung, namun lokasi Gunung Gajah lebih cenderung berupa sebuah bukit.

Puncak Gunung Gajah sendiri memiliki ketinggian elevasi sekitar 880 meter di atas permukaan laut. Gunung Gajah ini menjadi salah satu puncak bukit dari gugus perbukitan yang memanjang dari utara ke selatan. Gugus perbukitan ini menjadi batas wilayah Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Ganeas. Dimulai dari Gunung Pangadegan di utara yang termasuk wilayah Ganeas, Sumedang Selatan dan Sumedang Utara, Gunung Goong atau Buntut Gunung Gajah kemudian Gunuung Gajah, sampai Gunung Kasur.

Untuk menuju ke Puncak Gunung Gajah ini bisa menggunakan jalur timur dan jalur barat. Jalur timur ini masuknya dari daerah Desa Cikondang, sementara dari arah barat menggunakan jalur dari Desa Gunasari atau Desa Cipancar. Jalur timur melewati kawasan Desa Cikondang merupakan akses paling mudah dan paling dekat dalam akses pendakian ke Puncak Gunung Gajah. Jalur masuknya dari Kampung Batugara menggunakan jalan setapak melintasi kawasan pesawahan dan perkebunan penduduk. Jalur pendakiannya dimulai dari jalan datar, menanjak sampai melintasi tebing yang agak curam sebelum sampai di puncak.

Puncak Gunung Gajah sendiri berupa puncak bebatuan yang menjorok ke arah selatan. Dari puncak Gunung Gajah ini pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan kawasan sekitar. Melihat ke arah timur akan terlihat dengan jelas hamparan kawasan Kampung Batugara yang dikelilingi oleh hamparan lahan pertanian. Di sebelah selatannya merupakan kawasan perbukitan, dan jika melihat ke sebelah timurnya pengunjung disuguhi hamparan lahan pertanian, lahan hutan beserta perkampungan di kawasan Sumedang Selatan seperti Desa Cipancar, Desa Baginda dan Desa Gunasari. Melihat ke sebelah selatan, pengunjung bisa melihat Gunung Tampomas di kejauhan.

Puncak Gunung Gajah ini masih bebas untuk dikunjungi. Belum ada pengelola yang mengelola Puncak Gunung Gajah menjadi lokasi wisata. Sehingga pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk atau ijin untuk melakukan pendakian ke Puncak Gunung Gajah. Sebelum melakukan pendakian ke Puncak Gunung Gajah, ada baiknya pengunjung membawa perbekalan masing-masing. Karena di atas Puncak Gunung Gajah tidak ada fasilitas apapun termasuk sumber air.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 13 Juli 2020

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang